Tren Es Kopi dan Bahayanya Bagi Kesehatan

By August 20, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjamurnya kedai kopi kini menjadi tren kuliner yang sedang digandrungi anak muda. Kopi menjadi familiar di kalangan generasi millenial karena banyak dipadukan dengan aneka variant rasa dan harga yang terjangkau.

Namun, di tengah maraknya tren tersebut, taukah kamu akan bahaya yang mengintai saat terlalu sering minum es kopi? Yuk simak.

1.Membuat Cemas

Kopi identik dengan kamu yang membutuhkan semangat dalam mengerjakan sesuatu. Namun dilansir dari lifestyle.kompas.com, National Institute of Mental Health justru menyarankan untuk menghindari kafein, karena dapat membuat rasa cemas yang berlebihan. Dikutip dari laman Everyday Health, kecemasan ini muncul karena efek dari berlebihan mengkonsimsi kafein, yang memicu kita cemas dan sulit tidur atau memacu respons Flight to Fight.

2.Diare

Selain membuat terjaga, kopi juga bisa menjadi pencahar dengan meminumnya 3 kali atau lebih dalam sehari. International Foundation for Functional Gastrointesnial Disorders menyarankan untuk mengurangi konsumsi kafein untuk mencegah diare.

3.Insomnia

Kopi dipercaya khalayak untuk membantu agar tetap terjaga saat sedang mengerjakan tugas. Namun terlalu berlebihan mengkonsumsinya dapat membuat siklus tidur turut tergangu. Mayo Clinic mengatakan, bahwa kopi dapat bertahan selama 14 jam di dalam sistem pencernaan kita. Untuk itu, bagi kamu yang ingin memiliki tidur yang berkualitas, disarankan untuk meminum kopi sebelum tengah hari.

4.Dehidrasi

Mengutip liputan6.com, tanpa disadari ketika kita meminum kopi, maka akan sering ke toilet untukbuang air, hal ini disebabkan karena sifat kafein yang diuretik dan laxative. Oleh karena itu, jika tidak didampingi dengan meminum air putih yang cukup, tubuh kita bisa menjadi mengalami dehidrasi. Juga, disarankan untuk meminum kopi maksimal 2 kali sehari.

5.Tidak subur (wanita)

Menurut fimela.com, mengkonsumsi kafein berlebihan dapat berpengaruh pada organ reproduksi wanita. Terutama pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu pengaruh ketidaksuburan wanita yang menyebabkan susah hamil. Bahkan dokter juga menyarankan bagi wanita yang ingin hamil untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi kafein.

Last modified on Tuesday, 20 August 2019 03:58

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama