Mulus dan Glowing, 5 Bahan Dapur yang Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

By August 27, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Walaupun tidak berbahaya, setiap wanita tentunya ingin menjauhi yang namanya jerawat. Pasalnya, kulit berjerawat membuat sangat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Jerawat yang tadinya kecil atau ringan, akan semakin luas dan parah apabila tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Dokter spesialis kulit bisa membantu, terutama jika kamu memiliki jenis kulit berjerawat yang parah atau persisten. Kunjungi dokter kulit secara teratur untuk mendapatkan perawatan terbaik. Tetapi, jika hanya jerawat ringan atau jumlahnya sedikit, kamu bisa mencoba perawatan alami yang bahannya mungkin sudah ada di lemari dapur. Jika ingin membasmi jerawat tanpa obat atau krim khusus, yuk coba bahan dapur alami berikut ya..

1. Tea tree oil

Saat ini tea tree oil atau minyak tea tree sudah bisa dibeli di berbagai apotek dan toko obat. Bahkan, kamu bisa membelinya secara online. Menurut studi dari Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology, menemukan bahwa produk topikal yang mengandung minyak tea tree sebesar 5% efektif untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Para peserta studi yang jerawatnya dioleskan minyak tea tree dapat sembuh atau efeknya mereda 5 kali lebih efektif ketimbang peserta yang tidak dioleskan tea tree oil. Hal ini berkat kandungan sifat anti mikroba dan anti inflamasi dalam tea tree oil yang cukup tinggi, sehingga efektif membunuh bakteri.

2. Ekstrak Teh Hijau

Suka minum teh hijau? Lanjutkan kebiasaan baikmu ini. Teh hijau tidak hanya lezat untuk minuman atau bahan kue, tetapi memberikan efek menenangkan kulit yang alami. Dari sejumlah penelitian telah menunjukkan penyerapan produk anti jerawat yang ditambah ekstrak teh hijau sebesar 2% selama 2x sehari, dapat mengurangi peradangan jerawat ringan pada remaja.

Hebatnya lagi, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas termasuk jerawat.

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya atau aloe vera mungkin banyak ditanam di kebun atau halaman rumah. Tanaman ini kerap diambil bagian lendir atau gel di dalamnya, untuk menyembuhkan sunburn atau mengurangi peradangan.

Efek gel yang dingin dan antioksidan dari lidah buaya membantu menghilangkan jerawat sekaligus dapat meningkatkan penampilan kulit yang lebih glowing. Menurut para ahli kulit, studi yang dilakukan pada 60 pasien berjerawat, menggunakan tretinoin (obat anti-jerawat) ditambah 50% gel lidah buaya bisa sembuh lebih cepat dalam 8 minggu ketimbang pasien yang hanya memakai tretinoin saja.

4. Madu

Madu dikenal sebagai humektan. Yaitu sifat yang dapat mengunci kelembaban kulit. Selain itu, madu rupanya efektif mencegah jerawat dan infeksi bakteri karena bersifat antimikroba dan antibakteri, seperti dilansir dari Livestrong.

Cukup gunakan madu sebagai masker wajah secara rutin, untuk membantu menenangkan kulit dan mengempeskan jerawat.

5. Minyak Kelapa

Setelah membasuh muka hingga bersih, kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk melembabkan kulit. Tetapi, harus di cek dulu apakah kulit sensitif atau tidak.

Minyak kelapa adalah bahan herbal luas biasa untuk mencegah kulit kering atau bersisik. Namun, kadang bisa menyebabkan pori – pori tersumbat.

Jadi, apabila kulitmu kering atau mudah teriritasi, coba sedikit terlebih dahulu minyak kelapa sebagai pelembab kulit. Misalnya di bagian belakang telinga atau pergelangan tangan bagian dalam untuk memeriksa kulit sensitif atau tidak.`

Last modified on Tuesday, 27 August 2019 06:16

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama