Kesalahan Penggunaan Hair Dryer yang Jarang Diketahui

By August 31, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Hair dryer menjadi salah satu beauty tools yang kerap digunakan wanita dalam mengeringkan hingga menata rambut. Mulai dari membuat rambut menjadi lebih indah karena efek curly, wavy, atau lebih lurus dan bervolume.

Namun, penggunaan hair dryer yang tidak tepat bisa membuat rambut rusak. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa kesalahan penggunaan hair dryer yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

1. Terlalu Dekat dengan Kepala

Jarak terbaik untuk pemakaian hair dryer adalah 20 hingga 30 cm dari rambut dan kulit kepala. Jangan  terlalu mendekatkan kepala dengan hair dryer karena akan membuat rambut kamu kering dan rapuh.

2. Rambut Terlalu Basah

Pastikan rambut sudah kering sekitar 70-80% sebelum menggunakan hair dryer. Kamu bisa mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan handuk. Penggunaan hair dryer secara langsung setelah keramas dapat membuat rambut lebih cepat rusak.

3. Tidak Membelah Rambut

Kebanyakan wanita cenderung menggunakan hair dryer dengan cara membalikkan kepala agar cepat kering. Namun, ternyata cara tersebut salah. Proses pengeringan dapat dipercepat dengan membagi rambut ke empat atau lima bagian.

4. Tidak Menggerakan Hair Dryer

Proses pengeringan rambut harus dilakukan mulai dari akar, searah dengan pertumbuhan rambut. Menggoyang hair dryer hanya di satu bagian akan membuat rambut pada bagian itu lebih kering dibandingkan daerah lain. Maka, jangan malas untuk menggerakan hair dryer saat mengeringkan rambut, ya.

5. Salah Mengatur Suhu

Umumnya, wanita cenderung memilih suhu panas saat menggunakan hair dryer dengan harapan agar rambut lebih cepat kering. Padahal, suhu dingin di hair dryer membantu untuk mencegah penguapan berlebih pada rambut yang basah sehingga dapat tetap lembap. Hal ini akan mencegah rambut mengembang dan bercabang setelah penggunaan hair dryer.

6. Tidak Menggunakan Vitamin Rambut

Penting untuk menggunakan vitamin rambut saat melakukan pengeringan dengan hair dryer. Setelah keramas, kamu dapat menggunakan vitamin rambut berupa hair mist, serum, atau lotion khusus rambut. Hal ini dilakukan untuk melindungi rambut dari suhu panas langsung yang dihasilkan oleh hair dryer.

7. Tidak Membersihkan Hair Dryer

Lakukanlah pengecekan dan pembersihan hair dryer  secara berkala. Terutama bagian lubang angin karena rentan terisi debu dan kotoran. Hair dryer yang kotor dapat menghambat jalur udara dan meningkatkan suhu di dalamnya sehingga alat dan rambut lebih mudah rusak.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan hair dryer. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama