Ingin Langsing Dengan Mudah? Turunkan Berat Badan Dengan 5 Minuman Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga teratur, minuman akan lebih efektif menurunkan berat badan ketimbang hanya mengandalkan obat – obatan diet mahal.

Minuman seperti teh hijau, kopi dan teh hitam telah terbukti meningkatkan metabolisme, membuat perut terasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar, sehingga kamu lebih mudah menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa minuman terbaik untuk ditambahkan ke dalam diet untuk menurunkan berat badan yang sehat.

1. Teh Hijau

Teh hijau sering dikaitkan dengan kesehatan dan antioksidan yang sangat tinggi. Minuman ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian, minum teh hijau dapat mengurangi lemak tubuh.

Perlu dicatat bahwa manfaat teh hijau terkait dengan persiapan teh hijau yang mengandung jumlah tinggi katekin, antioksidan yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme.

Matcha adalah jenis teh hijau yang mengandung jumlah katekin yang lebih tinggi daripada teh biasa, menjadikannya pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 3 gram matcha per hari mengalami pembakaran lemak yang lebih besar selama berolahraga dibandingkan dengan wanita yang tidak minum matcha.

2. Kopi

Kopi digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk meningkatkan energi dan mengangkat suasana hati.

Ini karena kopi mengandung kafein, zat yang bertindak sebagai stimulan dalam tubuh dan bermanfaat bagi penurunan berat badan.

Kopi dapat mengurangi asupan energi yang meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Satu studi pada 33 orang dewasa yang kelebihan berat badan menemukan bahwa kebiasaan minum secangkir kopi mengandung 6 mg kafein dapat mengurangi kalori secara signifikan.

3. Teh Hitam

Seperti teh hijau, teh hitam mengandung senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan.

Teh hitam adalah jenis teh yang telah mengalami lebih banyak oksidasi (paparan udara) daripada jenis teh lainnya, menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap.

Teh hitam kaya akan polifenol, termasuk sekelompok senyawa polifenol yang disebut flavonoid. Polifenol adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi berat badan.

Studi telah menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam teh hitam meningkatkan penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori, menstimulasi pemecahan lemak dan meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik.

4. Air

Meningkatkan asupan air adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Minum lebih banyak air juga dapat bermanfaat menjaga lingkar pinggang karena mengekang keinginan makan berlebihan. Sehingga, kamu bisa merasa kenyang di antara waktu makan dan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuat seseorang lebih mudah mengurangi kalori dan menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada 48 orang dewasa yang gemuk menemukan bahwa mereka yang minum 500 ml (17 ons) air sebelum makan sambil mengikuti diet rendah kalori, dapat kehilangan 44% lebih berat selama 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak minum air sebelum makan.

5. Minuman Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan dengan menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan dan membakar lemak.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asam asetat dapat mencegah penambahan berat badan dan mengurangi penumpukan lemak di perut dan hati.

Meskipun penelitian terbatas, ada beberapa bukti bahwa cuka efektif dalam mempromosikan penurunan berat badan pada manusia.

Sebuah penelitian pada 144 orang dewasa yang gemuk menunjukkan bahwa minum 2 sendok makan (30 ml) cuka per hari menghasilkan penurunan yang signifikan dalam berat badan, lingkar pinggang dan lemak perut dibandingkan dengan kelompok yang tidak meminumnya.

Last modified on Rabu, 04 September 2019 18:54