Mencuci Piring Bikin Sehat dan Pikiran Tenang, Benarkah?

By October 1, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Mencuci piring ternyata dapat membantu menyehatkan pikiranmu lho. Sebuah penelitian di Florida State University mengungkapkan bahwa mencuci piring dapat meningkatkan mindfulness—atau kesadaran penuh pada seseorang.

Biasanya mindfulness didapatkan dengan cara meditasi dan refleksi untuk dapat meningkatkan sistem antibodi pada tubuh. Namun, hal tersebut mudah kamu dapati hanya dengan mencuci piring. Melansir dari lama littlethings.com, yuk simak manfaat mencuci piring lainnya yang baik untuk kesehatan berikut:

Menurunkan stress

Para peneliti di Florida State University menemukan bahwa mencuci piring dengan tangan berkaitan dengan perhatian. Real Simple juga menjelaskan bahwa perhatiamu saat mencuci piring telah dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, mengurangi tingkat stress, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Alergi lebih sedikit

Jurnal Pediatrics pada 2015 menerbitkan studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh kita bisa mendapat manfaat dari sedikit kotor. Mereka mengklaim bahwa anak-anak sekarang ini memiliki lebih banyak alergi karena lingkungan mereka yang terlalu bersih.

Relaksasi

Psikolog Dr. Aric Sigman menyatakan bahwa mencuci piring dapat memiliki efek yang sama pada kesehatan mental sesorang seperti halnya saat melakukan spa. Mengutip dari Daily Mail, busa yang menyenangkan, hangat, dan beraroma di wastafel membangkitkan suasana hati yang rileks, sementara penyelesaian tugas menghasilkan rasa kesejahteraan.

Sistem kekebalan tubuh tinggi

Tidak hanya membuat alergi lebih sedikit, dengan mencuci piring dapat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peneliti Dr. Bill Hesselmar menjelaskan, jika kita terpapar mikroba terutama di awal kehidupan. Kita merangsang sistem kekebalan tubuh dengan berbagai cara dan menjadi toleran.

Melatih keterampilan pada anak

Banyak orang tua yang menginginkan agar anak-anak mereka pandai mencuci piring. Mengajarkan anak untuk mencuci piring membuat mereka lebih trampil, selain itu melatihnya untuk mandiri sejak dini. Kebiasaan ini akan terbawa hingga dewasa kelak, mereka akan terbiasa melakukan pekerjaan rumah sendiri jika suatu saat nanti sudah tidak hidup bersama orang tua.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama