Rutin Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari? Rasakan Perubahannya!

By October 2, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Cukup merutinkan untuk berjalan kaki 30 menit setiap harinya, kamu akan merasakan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan resiko penyakit kronis

Peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menyatakan, berjalan kaki rutin setiap hari dapat menurrunkan tekanan darah dan dapat mengurangi resiko stroke sebsar 20 hingga 40 persen.

Penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine tahun 2002 menemukan fakta bahwa orang yang berjalan 30 menit per ahari atau melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama lima hari di tiap minggunya memiliki resiko penyakit jantung 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukan.

Membuat suasana hati membaik

Saat suasana hati kurang memabaik, cobalah untuk berjalaan kaki 30 menit lamanya. Nikmati perjalanan dengan melihat pemandangan yang indah disekitar. Saat berjalan kaki, kita mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa bahagia. Suasana hati yang baik akan membawamu menikmati hari-hari dengan produktivitas yang baik dan juga positif.

Meningkatkan kreativitas

Berjalan kaki dapat memicu kreativitas, hal ini dinyatakan oleh sebuah penelitian di Journal of Experimental Psycgology, Learning, Memory and Cognition pada 2014 silam. Selain itu, dengan berjalan kaki kamu akan terkena paparan sinar matahari yang menjadi sumber vitamin D terbaik bagi tubuh.

Menurunkan berat badan

Saat melakukan program diet, tentu kamu akan memasukkan kebiasaan berjalan kaki dalam daftar olahraga yang harus kamu lakukan. Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin yang berujung pada berkurangnya lemak pada perut. Selain itu, dapat meningkatkan metabolism tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya tertumpuk menjadi lemak.

Memperkuat otot paha dan betis

Rutin berjalan kaki selama 30 menit dapat meguatkan otot paha dan betis. Saat paha dan betis tertumpuk oleh lemak, kamu dapat melakukan kebiasaan ini agar otot paha dan betis mengencang.

Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan dari berjalan kai lho, jadi tunggu apa lagi? Ayo runtin berjalan kaki agar hidupmu lebih sehat!

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama