7 Waktu Tubuh Kamu Membutuhkan Asupan Air Putih

By October 3, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Air merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, berakibat fatal bagi kesehatan. Tubuh akan mengalami dehidrasi serta akan memperlambat kerja metabolisme tubuh.

Mengonsumi air putih setiap hari baik bagi tubuh. Namun, tahukah kamu minum air putih ternyata ada ada aturannya lho! Yuk simak kapan saja tubuh membutuhkan asupan air putih.

Saat Bangun Tidur

Ada baiknya saat bangun tidur di pagi hari, lakukan kebiasaan untuk mengonsumsi air putih. Segelas air di pagi hari dapat melancarkan peredarah darah, selain itu dapat menyingkirkan radikal bebas dan residu dari kalori yang terbakar saat kamu tidur semalaman. Kamu dapat melakukan kebiasaan ini dengan cara menyiapkan segelas air putih di meja kamarmu sebelum tidur, dengan begitu saat bangun di pagi hari kamu akan mengonsumsinya.

Sebelum Makan

Minum air sebelum makan dapat membantu merasa lebih kenyang, dengan begitu kamu akan cenderung mengurangi porsi makan. Selain itu saat kamu selesai makan, minum air putih juga dapat mencegahmu untuk memakan camilan selanjutnya.

Ketika Lapar

Jika kamu merasa lapar sebelum waktu makan, minumlah segelas air untuk tahu apakah tubuhmu terkena dehidrasi? Terkadang, orang berpikir mereka lapar ketika benar-benar merasa haus. Mengonsumsi air sebelum makan juga akan membuatmu cepat kenyang serta membantu menjaga asupan kalori.

Sebelum Workout atau Latihan

Minum air sebelum latihan tergantung pada kondisi tubuhmu. Baik suhu, kelembapan, serta tingkat cairan yang diperlukan oleh tubuh. Bisa saja tubuhmu memerlukan segelas atau beberapa gelas air untuk melindungi tubuh dari dehidrasi selama melakukan latihan.

Setelah Workout atau Latihan

Setelah melakukan workout, kamu tentu memerlukan banyak air untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat. Jumlah air yang kamu butuhkan tergantung pada kondisi tubuh. Pastikan untuk tidak minum terlalu banyak air karena hal ini dapat menyebabkan kram pada perut.

Saat Terkena Kuman

Jika kamu dikelilingi oleh orang dengan kondisi tubuh yang tidak fit, mengonsumsi sedikit air putih lebih banyak dari biasanya dapat membantu membersihkan kuman dan virus yang mungkin hinggap dalam tubuhmu. Tubuh yang terhidirasi dapat mendorong bakteri dan virus untuk keluar dari dalam tubuh sehingga tidak berkembang biak di dalam tubuhmu.

Saat Sakit

Ketika kamu sakit, tubuhmu perlu banyak asupan cairan. Minum delapan gelas air setiap harinya memang baik bagi tubuh, akan tetapi tambahan asupan cairan seperti teh, jus, ataupun sup juga baik bagi kesehatan tubuh.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama