Surprise! 7 Makeup Ini Ternyata Dilarang Untuk Dipinjamkan

By October 11, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdialy - Sungguh bikin iri ketika sahabatmu memamerkan lipstik nude merah muda favoritnya. Dan kamu pasti kepingin ikut - ikutan mencoba perona bibir ini. Tetapi, menurut sejumlah pakar, sebaiknya hal ini tidak kamu lakukan. Kecuali, kamu sudah memiliki tisu berbasis alkohol yang siap untuk membersihkan lipstiknya.

Menurut Dendy Engelman, MD, dokter kulit di New York, seseorang bisa saja terkena virus herpes simplex ketika menggunakan make up, sekalipun ia tidak memiliki luka yang terbuka. Inilah sebabnya, setiap wanita harus memiliki make up masing – masing dan tidak saling meminjamkan. Berikut adalah beberapa produk kecantikan yang harus kamu hindari dan aman untuk dipinjamkan ke orang lain.

1. Krim Pelembab

Setiap produk make up yang dikemas dalam botol, entah itu krim pelembab, krim mata, krim foundation, lip balm dan lain – lain, sebaiknya tidak dipinjamkan. Terutama, jika Anda harus mengoleskan dengan jari-jari tangan.

Anda tidak ingin mengoleskan krim ke wajah yang penuh bakteri bukan? Tubuh Anda dapat menyerap hingga 60% dari apapun yang dioleskan pada permukaan kulit, termasuk bakteri yang mungkin saja menempel pada krim.

2. Maskara

Maskara favoritmu dapat menampung bakteri dan virus yang gampang menular seperti konjungtivitis. Ditambah lagi, mata memiliki lapisan perlindungan yang lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi. Bakteri bisa saja menginfeksi saat tongkat atau kuas maskara dimasukkan dan dikeluarkan lagi dari dasar botol yang gelap. Di sinilah tempat bakteri aerob bertahan hidup di daerah yang teroksigenasi.

3. Foundation cair

Foundation cair umumnya diaplikasikan dengan cara ditepuk – tepuk menggunakan spons secara menyeluruh. Jika Anda saling meminjamkan spons, hati – hati bakteri dan kuman, terutama jika menerapkan spons untuk menyentuh area di sekitar mulut dan mata.

4. Lipstik atau lip balm

Lipstik dan lip balm adalah salah satu produk kosmetik yang paling sering dipinjamkan. Sebagian orang bisa menularkan herpes atau virus yang tersembunyi dari lipstiknya. Gejalanya mungkin tidak terlihat, tetapi tergantung pada sistem kekebalan tubuh, bisa saja virus menginfeksi kapan saja. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menggunakan perona bibir sendiri.

5. Lip gloss

Lip gloss seringkali tampak higienis dan bersih karena dikemas dalam wadah atau kemasan yang tertutup rapat. Tetapi, jangan lupa bahwa formula lip gloss umumnya bertekstur lembab dan sangat sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Maka itulah, meminjamkan lip gloss ke orang lain bisa jadi juga menularkan virus HSV-1 atau virus flu yang tidak terduga.

6. Eyeshadow krim

Tekstur creamy dari jenis formulai eyeshadow dapat menjebak dan menyembunyikan bakteri. Jadi, sebaiknya jangan meminjamkan eyeshadow krim ketika Anda sedang berdandan. Terutama, karena Anda mungkin sudah menggunakan jari – jari Anda untuk mengaplikasikan produk dan telah  mengontaminasi dengan bakteri.

7. Kuas makeup

Kulit berjerawat mungkin adalah kondisi kulit yang lumrah muncul. Tetapi, masalah jerawat bisa makin parah jika meminjam kuas makeup orang lain. Anda tidak akan pernah tahu, bakteri dan virus apa yang mengontaminasi silang pada bulu – bulu kuas. Satu – satunya cara aman untuk meminjamkan kuas, disarankan untuk menyemprotkan kuas bekas pakai dengan alkohol untuk membunuh bakteri. Tak lupa, cuci kuas dengan sabun setiap minggu, keringkan dan simpan di tempat yang tertutup.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama