5 Jenis Gangguan Mental Yang Perlu Kamu Tahu

By October 14, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kesehatan jiwa atau mental terdiri dari beberapa kondisi yang secara umum dikategorikan dalam ‘kondisi sehat’, ‘gangguan kecemasan’, ‘stres’, dan juga ‘depresi’. Banyak kasus di Indonesia yang diakibatkan karena gangguan mental.

Salah satunya adalah kasus bunuh diri. Menurut Lokadata, sejak Januari hingga September 2019, tercatat 302 kasus bunuh diri terjadi di Indonesia. Penderita biasanya mengalami gangguan emosi, pola pikir, dan juga perilaku. Berikut beberapa jenis gangguan mental yang perlu kamu tahu.

1.Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan penderitanya sedih berlebihan. Penderita akan merasakan sedih bukan dalam hitungan hari, bahkan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

2.Bipolar

Bipolar adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengann perubahan suasana hati yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi yang sebelumnya disebut dengan manic depressive. Misalnya, penderita bipolar ini kan merasa sedih dalam waktu tertentu, kemudian menjadi sangat senang dalam waktu yang lain.

3.Skizofrenia

Penyakit ini merupakan jenis gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku. Gejala tersebut merupakan gejala dari psikois, di mana penderitanya kesulitan membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri.

4.Gangguan Kecemasan

Penderita akan merasa cemas dan takut secara berlebihan yang tak terkendali sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Gangguan ini dapat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa, dengan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, mual, diare, hingga detak jantung yang cepat.

5.Gangguan Tidur

Merupakan kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur, baik karena tidak bisa tertidur, sering terbangun pada malam hari, atau sulit kembali tidur setelah terbangun. Dampak yang diakibatkan oleh gangguan tidur ialah merasa lelah, lemas dan mengantuk, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi di siang hari.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama