Penyanyi Ashanty Idap Penyakit Autoimun, Kenali Gejalanya Berikut Ini

By October 23, 2019 0
Ashanty tampak cantik mengenakan hijab Ashanty tampak cantik mengenakan hijab ( Foto : Instagram/@ashanty_ash)

Muslimahdaily - Belum lama ini terdengar kabar, penyanyi Ashanty di diagnosis mengidap penyakit Autoimun. Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri.

Gejala awalnya ditandai dengan kelelahan, otot pegal, bengkak dan kemerahan, demam ringan, sulit konsentrasi, kesemutan, rambut rontok, hingga ruam pada kulit.

Gejala autoimun umumnya sulit dikenali. Gangguan sistem imun ini dapat menyebabkan penyakit yang berbeda sehingga gejalanya pun tidak dapat disamaratakan. Intinya, gejala yang muncul sesuai dengan jenis penyakitnya. Berikut ini jenis - jenis penyakit Autoimun :

Lupus

Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sel, jaringan, dan juga organ tubuh. Biasanya penyakit ini ditandai dengan gejala awal, seperti nyeri sendi kronis, sering sariawan, rambut rontok, kelainan kulit, demam berulang, dan juga tampak pucat.

Penyakit Graves

Merupakan salah satu jenis gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menjadi penyebab umum hipertirodisme atau produksi hormone tiroid berlebih.pada penderita Graves, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh malah menyerang kelenjar tiroid. Biasanya ditandai dengan gejala kehilangan berat badan, mata menonjol, gelisah, rambut rontok, dan jatung berdebar.

Psoriasis

Jenis penyakit kulit yang ditandai dengan ruma merah, kulit kering, tebal, bersisik dan mudah terkelupas. Sering terasa gatal dan terasa nyeri, penyakit ini lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan juga kulit kepala.

Skeloderma

Skeloderma ditandai dengan pengerasan dan penebalan pada kulit serta perubahan warna kulit saat cuaca dingin. Skeloderma sendiri merupakan jenis penyakit autoimum yang diduga dipicu oleh kelainan gen dan fakto lingkungan. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut, lama-lama jaringan parut pada organ tubuh sepeti paru dan ginjal akan muncul dan mengakibatkan kegagalan fungsi pada organ tersebut.

Sindrom Guillain-Bare

Kondisi di mana sistem imun menyerang sistem saraf priferal. Sehingga membuat saraf meradang yang mengakibatkan kelumpuhan atau kelemahan otot, jika tidak diobati secepatnya.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama