5 Bahan Herbal Untuk Redakan Batuk Pilek

By October 31, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Memasuki musim pancaroba berbagai jenis penyakit dapat menyerang tubuh. Terlebih lagi saat daya tahan tubuh menurun, salah satunya adalah batuk pilek

Batuk pilek atau common cold merupakan infeksi virus ringan pada saluran pernapasan bagian atas, hidung dan tenggorakan. Ada beberapa bahan herbal yang dapat membantu meredakan batuk pilek, berikut ini Muslimahdaily pilihkan herbal untuk mengatasi batuk pilek.

Jahe

Selain sebagai bumbu dapur, Jahe juga dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Jahe efektif melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung. Selain itu, jahe juga dapat mengembalikan stamina tubuh saat sedang tidak fit karena terserang batuk pilek.

Kunyit

Selain jahe, bumbu dapur yang dapat meredakan batuk pilek ialah kunyit. Hancurkan sepotong kunyit kecil, lalu masukkan ke segelas susu hangat. Kandungan senyawa anti-inflamasi, kurikumin dan minyak atisi di dalamnya juga dapat mengobati sakit tenggorokan.

Kayu Manis

Cinnamon atau kayu manis mengandung zat flavonoid yang berfungsi meredakan gejala peradangan di tenggorokan. Kamu dapat mengolahnya dengan cara menyampurkannya dengan satu sendok teh kemudian direbus hingga matang. Untuk cepat merasakannya, minumlah ramuan ini dua kali sehari.

Madu

Mad kaya akan mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor, dan juga kalium. Sejak dulu madu dikenal dapat membantu atasi batuk, banyak pula obat batuk herbal yang menyampurkan madu di dalamnya. madu bersifat antimikroba yang bisa membantu sistem imun tubuh lebih efisen melawan peradangan akibat pilek. Untuk mengonsumsinya dapat diminum langsung saat pagi dan malam hari.

Daun Mint

Daun mint adalah jenis daun dari tanaman herbal spesies Mentha yang banyak digunakan pada manakan, minuman, atau bahkandi ramuan minyak pijak dan aromaterapi. Ekstrak menthol dipercaya memiliki efek dekongestan yang dapat mencairkan lender pada hidung yang tersumbat.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama