5 Tips Untuk Lebih Mengenal Kelebihan Yang Kamu Punya

By November 6, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Di usia yang sudah menginjak angka 20 ini, tak sedikit di antara kita yang masih sulit untuk menemukan jati diri dan mengetahui minat maupun bakat yang kita miliki. Sejatinya, bakat atau kelebihan dari diri seseorang biasanya berasal dari keturunan atau bahkan memang sudah ada sejak lahir. Dari bakat atau kelebihan diri dapat mendukung segala hal yang dapat kita kerjakan nantinya. Agar semakin terarah, yuk simak 5 cara berikut untuk mempermudah kamu mengetahui kelebihan yang kamu punya.

Temukan hal yang kamu sukai

Dengan menemukan hal yang paling disukai, dapat membantumu lebih cepat untuk menemukan kelebihan yang dimiliki. Memang agak sulit untuk menemukan apa yang disukai dan menjadi prioritas diri. Kamu dapat memulainya lewat hal-hal yang sering kamu lakukan, misalnya bermain basket. Siapa tahu kelebihan yang kamu miliki ada di dalam permainan basket, bisa saja kamu menjadi pemain basket tersukses nantinya.

Cari hal yang bisa dikerjakan

Kamu pandai memasak? Nah , bisa jadi dengan pekerjaan tersebut dapat mengetahui bakatmu yang mungkin berkaitan dengan masak-memasak. Hal yang biasanya dikerjakan seringkali menjadi hal yang sesuai dengan bakat dan kelebihan yang sebenarnya kamu miliki tanpa disadari.

Tanyakan nilai pada orang lain

Kamu dapat bertanya kepada orang lain di sekitarmu akan kelebihan yang kamu miliki. Tantakan seberapa jauh usaha yang kamu lakukan? Apakah sudah maksimal? Bagus atau tidak hasilnya? Dengan  cara seperti ini kamu tidak menghabiskan waktu sia-sia untuk mengetahui kelebihan yang kamu miliki.

Cari pengalaman

Lewat pengalaman kamu akan mendapatkan hal baru yang dapat membantumu untuk menemukan bakat dan kelebihanmu. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya untuk tahu apakah bakat yang kamu punya dapat tergali oleh pengalaman tersebut.

Bandingkan dengan orang lain

Membandingkan kelebihan diri dengan orang lain itu penting, lho. Dengan begitu, kamu akan terus termotivasi untuk terus menggali kemampuan diri. Lewat cara ini kamu juga dapat terbantu untuk mencari sisi negative atau positif yang ada dalam dirimu.

 

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama