Mencontoh Pola Hidup Rasulullah untuk Hidup yang Lebih Sehat

Muslimahdaily - Dalam Al – Qur’an dianjurkan untuk menjaga pola makan agar tidak berlebihan

“...makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (Q.S Al-A’raf : 31).

Makan terlalu banyak hukumnya makruh, apabila berlebihan dan melampaui batas, karena makan dan minum secara berlebihan dapat menyebabkan perut sakit, menjadikan orang malas, dan dapat merusak tubuh. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadits Nabi Muhammad SAW.

“Janganlah sekali-kali makan dan minum terlalu kenyang karena sesungguhnya hal tersebut dapat merusak tubuh dan dapat menyebabkan malas mengerjakan salat, dan sederhanakan kalian dalam kedua hal tersebut, karena sesungguhnya hal ini lebih baik bagi tubuh, dan menjauhkan diri dari sifat israf (berlebihan).” (HR. Bukhari)

Sementara Umar bin Khotob pernah berkata, “Hindari perut gendut karena merusak tubuh, menyebabkan penyakit dan membuat ibadah shalat melelahkan.”

Harithz bin Khalada, seorang ahli pengobatan Arab pernah ditanya: Apa pengobatan terbaik ? Ia menjawab: “Yang paling penting adalah lapar.” Ketika ditanya apa yang menyebabkan penyakit, dia menjawab “Masuknya makanan yang berebihan ke dalam tubuh”

Nasehat untuk Makan dan Minum

Dalam Al-Tibb Al-Nabawi. Al-Suyuti, menyarankan untuk memakan makanan dingin pada saat musim panas dan memakan makanan panas saat musim dingin.

Makanan panas harus disajikan bersama yang dingin, manis bersama garam, makan berlemak bersama asam, dan makanan yang asam disajikan bersama lemak.

Memakan makanan yang sama beberapa kali berturut-turut dan makan buru-buru menyebabkan hilangnya selera makan.

Al-Suyuti juga menerangkan , Rasulullah menyuruh kita untuk menghindari makanan dan minuman yang dibiarkan tidak tertutup. Rasullullah juga tidak menyukai makan makanan yang terlalu panas dan melarang makan sambil berbaring.

Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Rasulullah SAW bersabda,”Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.”

(HR. Abu Nu’aim dari Aisyah r.a.)

Sebaiknya juga menghindari minum air yang sangat dingin karena berbahaya bagi sistem pernapasan khususnya setelah makan makanan panas, manis, atau setelah melakukan sauna.

Rosullah juga menganjurkan untuk minum dalam tiga kali jeda/tegukan, disetiap jedanya Rosullah bernafas diluar bejananya.

“ Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bernafas tiga kali ketika minum. Dan beliau bersabda: ‘Sesungguhnya dengan begini haus lebih hilang, lebih lepas dan lebih enak’ ”

(HR. Bukhari dan Muslim)

“Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah bernafas di dalam bejana (tempat minum)”

(HR. Al Bukhari dan Muslim)

Olah raga dan tidur yang sehat

Rasulullah menganjurkan umatnya agar berolah raga. Karena aktifitas ini akan menimbulkan semangat, energi serta fisik yang kuat dan juga memperbaiki metabolisme tubuh sehingga badan akan selalu prima dan terhindar dari berbagai penyakit.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i). 

Ibnu Umar pernah meriwayatkan bahwa Nabi Saw pernah berlomba lari dengan kuda yang kurus , jaraknya sekitar tsaniyatul wada’. Beliau (ibnu Umar ) juga pernah berlomba lari dengan kuda yang tidak kurus dari tsniyatul wada’ sampai Masjid Bani Zuraiq dan Ibnu Umar yang menjadi pemenangnya.(Muttafaq alaih)

Ibnu Qoyyim Al Jauziyah berkata,” Bagian organ mana saja yang banyak digerakkan maka akan kuat. Khususnya berkaitan dengan jenis olah raga tersebut, bahkan seluruh kekuatan berawal dari sini, misalnya siapa yang banyak menghapal maka akan kuat hapalannya, siapa yang banyak berfikir maka akan kuat kecerdasan pikirannnya. Setiap organ tubuh memiliki organ yang khusus. Adapun menunggang kuda memanah, bergulat dan lomba lari adalah olah raga fisik. semua itu dapat menghilangkan penyakit menahun seperti kusta, busung air, dan sakit perut. ( Zaadul Maad juz 3/ 145 ).

Sedangkan waktu terbaik untuk tidur adalah setelah makanan dicerna tubuh. Tidur berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Tidur selama matahari bersinar dan sebelum tenggelam tidak baik buat seseorang karena menimbulkan penyakit dan lamban bergerak. Tapi tidur sejenak pada tengah hari bagus karena membantu seseorang bangun untuk shalat malam.

Last modified on Sabtu, 31 Oktober 2015 06:37

Leave a Comment