Vidi Aldiano Sakit Kanker Ginjal, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Vidi Aldiano Vidi Aldiano ( Foto: Instagram/vidialdiano )

Muslimahdaily - Lewat unggahan video pada laman Instagram pribadinya, Vidi Aldiano mengungkap penyakit yang tengah diidapnya saat ini. Penyanyi solo Indonesia ini, kini tengah mengidap kanker ginjal, ia juga telah melaksanakan operasi yang dilaksanakan di salah satu rumah sakit yang berada di Singapura.

Berbicara soal kanker ginjal, kanker ginjal merupakan kondisi di mana sel-sel ginjal menjadi ganas dan tumbuh di luar kendali dan membentuk tumor. Kanker ginjal muncul dan tumbuh pertama kali di area lapisan tabung atau tubulus di ginjal.

Penyakit ini tidak memiliki gejala awal yang terdeteksi. Saat ini, tidak ada tes rutin yang digunakan untuk mendeteksi gejala penyakit ini. Namun, seiring berkembangnya tumor, ada beberapa gejala yang mungkin dapat dideteksi dari penyakit ini. Melansir dari laman Mayo Clinic, berikut beberapa gelanya:

Kencing berdarah

Darah dalam urin akan tampak berwarna merah muda, merah, atau merah kehitam-hitaman.

Pembengkakan di area sekitar ginjal

Para penderita akan merasakan sakit di area punggung atau samping yang tidak hilang akibat efek pembengkakan penyakut tersebut.

Kehilangan selera makan

Penderita akan kehilangan nafsu makan mereka. Sehingga membuat tubuhnya menjadi lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Demam

Penderita akan mengalami demam yang berturut-turut datang dan pergi. Selain itu, penderita juga akan mengalami sakit oerut dan berat badan yang turun drastis.

Apa penyebab kanker ginjal?


Umumnya, para dokter tidak menjelaskan secara betul penyebab seseorang terkena kanker ginjal. Masih melansir dari Mayo Clinic, para dokter mengetahui kanker ginjal di mulai ketika beberapa sel ginjal mengalami mutasi pada DNA para penderita. Mutasi tersebut menyebabkan sel tumbuh dan membelah dengan cepat. Sel-sel abnormal yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat melampaui ginjal. Beberapa sel tersebut pecah dan menyebar ke beberapa bagian tubuh.

Para peneliti juga menemukan beberapa faktor yang mungkin menyebabkan kanker ginjal, berikut Muslimahdaily rangkum beberapa di antaranya:

Merokok

Menderita yang merokok, memiliki risiko kanker lebih tinggi dibanding mereka yang tidak merokok. Risiko penyakit akan berkurang, setelah penderita berhenti untuk merokok.

Obesitas

Orang yang obesitas memiliki risiko kanker ginjal lebih tinggi dibanding penderita berbadan normal.

Riwayat keluarga

Penderita dengan anggota keluarga yang pernah menderita kanker ginjal memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit tersebut.

Sindrom turunan tertentu

Orang yang dilahirkan dengan memiliki sindrom turunan tertentu mungkin memiliki peningkatan risiko kanker ginjal, seperti mereka yang memiliki penyakit von Hippel-Lindau, sindrom Birt-Hogg-Dube, kompleks tuberous sclerosis, dan karsinoma sel ginjal papiler turun temurun.