Waspada! Sering Lapar Bisa Jadi Tanda Penyakit

By January 7, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: ravishly )

Muslimahdaily - Merasa lapar menjadi tanda bahwa kita membutuhkan asupan makanan. Merasa lapar karena belum makan selama berjam-jam termasuk dalam hal yang wajar, namun bagaimana apabila merasa lapar ketika baru saja makan apakah menjadi hal yang wajar?

Kondisi perut sering merasa cepat lapar biasa dikenal dengan istilah polifagia. Jika kamu mengalami hal tersebut, Kamu perlu berhati-hati bisa jadi kamu memiliki masalah kesehatan yang serius. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang menyebabkan perut merasa cepat lapar, antara lain:

1.    Stres

Stres menjadi salah satu penyebab mengapa kita merasa cepat lapar. Hal ini dikarenakan ketika merasa gelisah atau tegang tubuh akan menghasilkan hormone korsitol dan adrenalin yang mendongkrak energi serta meningkatkan nafsu makan. Maka tidak heran jika merasa stress, kita menjadi mudah lapar.

2.    Kurang tidur

Jika tubuh kurang istirahat, hal itu akan berimbas pada ghrelin (hormone lapar). Oleh karenanya, mereka yang kurang tidur biasanya akan memiliki nafsu makan yang lebih besar dan sulit merasa kenyang. Saat lelah, kita cenderung memilih makanan berlemak atau berkalori tingi.

3.    Gula darah rendah

Kondisi saat glukosa dalam tubuh turun secara drastis ke level yang sangat rendah disebut dengan Hipoglikemia. Hal ini sering terjadi  dan dialami penderita diabetes, lantaran efek obat penurun gula.

4.    Dehidrasi

Rasa haus dan lapar terkadang sulit dibedakan. Rasa haus sering disalahartikan menjadi rasa lapar. Sehingga bukannya minum air tapi justru makan. Menurut Alissa, RD, juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics, terjadi kebingungan di hipotalamus, bagian otak yang mengatur keduanya, nafsu makan dan haus.

Untuk memastikan apakah dehidrasi memang penyebabnya, ketika merasa lapar cobalah minum satu gelas air putih. Jika rasa laparnya hilang, maka bisa jadi tubuh memang mengalami dehidrasi saja.

5.    Diabetes

Setelah makanan masuk ke dalam tubuh, maka gula di dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang beredar ke aliran darah. Namun pada penderita diabetes, glukosa tidak berhasil menjangkau sel-sel tubuh lantaran terganggunya fungsi hormone insulin. Glukosa tersebut berakhir menumpuk di dalam darah dan sebagian dikeluarkan saa buang air kecil. Akibatnya tubuh tetap lemas, seolah kekurangan energy sehingga tubuh merasa merasa perlu mengkonsumsi makanan.

Itulah beberapa penyebab tubuh merasa cepat lapar. kamu bisa kembali mengecek mana yang menjadi penyebab kamu merasa lapar terus menerus. Jika sudah menyangkut masalah kesehatan yang serius, segeralah periksakan diri ke dokter.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama