7 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Di saat masuk musim penghujan ini, cuaca yang terasa dingin dan air hujan yang turun setiap harinya tak jarang memunculkan beberapa penyakit. Banyak orang yang mulai terkena flu, batuk dan deman. Sebelum semua ini terjadi, ada baiknya kita tetap menjaga kesehatan di musim penghujan. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan di musim penghujan:

Makan Makanan Sehat

Makan makanan sehat adalah cara termurah untuk melindungimu dari penyakit. Kamu bisa memasak sup panas untuk menyegarkan tubuh atau makan makanan yang kaya akan vitamin C. Vitam C juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga untuk membantu mengusir flu dan infeksi.

Kamu juga harus berhati-hati terhadap diare, salah satu penyakit umum yang akan terjadi pada musim hujan. Hal ini sering disebabkan oleh makan makanan yang tidak sehat atau terkontaminasi, jadi selalu ingat untuk mencuci buah dan sayuran secara menyeluruh agar tetap aman.

Minum Bayak Air Mineral

Penyakit yang ditularkan melalui air sangat umum terjadi selama musim hujan. Berhati-hatilah terhadap sumber air yang terkontaminasi yang dapat membawa penyakit yang terbawa oleh air seperti amoebiasis dan kolera. Jika kamu tidak yakin dengan pasokan air, rebuslah atau beli air minum murni agar aman.

Saat suhu dingin, kita cenderung mengosumsi air dalam jumlah yang lebih sedikit karena tidak mudah merasa haus. Namun tetaplah minum air karena cairan adalah elemen penting bagi tubuh karena membantu kita mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi jangan lupa untuk banyak minum air putih ya.

Cuci Tangan Secara Rutin

Untuk menjaga dirimu dari penyakit pilek, batuk dan flu, mencuci tagan secara rutin adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri. Jangan lupa utuk mencuci tanganmu dengan benar dengan cara memberi sabun di antara jari-jari, di bawah kuku dan punggung tangan. Bilas dan keringkan tangan sampai bersih untuk menyingkirkan kuman.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Saat musim hujan, orang lebih cenderung tinggal di dalam rumah dan menutup jendela agar suhu di dalam rumah tetap hangat. meskipun hal ini terlihat baik dan nyaman, penting untuk dicatat bahwa pada saat itu kuman lebih cenderung mudah untuk menyebar sehingga kebersihan adalah kuncinya. Untuk tetap sehat, menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang penting.

Demam berdarah, penyakit fatal yang disebabkan oleh nyamuk juga menjadi penyakit yang paling merajalela selama musim hujan. oleh karena itu, jangan biarkan genangan air disekitarmu dan buanglah hal yang dapat memicu perkembangbiakan nyamuk. Jaga saluran air agar tetap bersih. Selain demam berdarah, leptospirosis akan merajalela karena banjir yang mengandung air seni hewan menyebabkan infeksi bakteri. Hindari mengarungi air banjir untuk melindungi diri dari penyakit ini.

Sedia Payung Sebelum Hujan

Kehujanan seringkali menjadi penyebab perubahan suhu tubuh yang mendadak, hal tersebut pada akhirnya akan menyebabkan demam dan pilek. Untuk menghindari sakit, jangan lupa untuk membawa payung kemanapun kamu pergi selama musim hujan. payung bukan hanya sebagai pelindung dari kebasahan, tetapi ia juga melindungi kita dari penyakit batuk, pilek atau demam saat terserang hujan.

Mandi Air Hangat

Cuaca yang dingin nampaknya sangat cocok jika dipadukan dengan air hangat yang tentunya bisa menghangatkan tubuh dan juga sebagai metode relaksasi. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2009 seperti yang dipublikasikan oleh Health.com, mandi air hangat dapat membantu memerangi penyebaran virus serta mengurangi sakit tenggorokan yang seringkali disertai oleh flu.

Gunakan Masker Saat di Tempat Umum

Ketika musim penghujan, sebagian orang mungkin sudah terlebih dahulu terkena penyakit flu dan radang. Bagi kamu yang sering mengunjungi tempat umum dan menggunakan transportasi umum jangan lupa untuk menggunakan masker. Hal ini sangat penting untuk menjaga kamu dari terkena virus. Selain itu kamu juga bisa menghindari allergen seperti debu atau asap yang dapat memicu alergi kamu kambuh dan membuatmu sakit.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah agar selalu diberi kesehatan di musim penghujan ini.

Leave a Comment