Turun 22 Kg, Ini Diet Yang Dijalani Adele

Adele Adele ( Foto: Instagram/adelesp )

Muslimahdaily - Beberapa hari lalu dunia hiburan dikejutkan dengan penampilan terbaru dari penyanyi internasional Adele, pasalnya penyanyi bersuara menawan itu tampil memukau dengan tubuhnya yang lebih langsing. Untuk menurunkan bberat badannya, Adele menjalani diet sirtfood yang dapat menurunkan berat badannya sebanyak 22 kilogram.

Apa itu diet sirtfood?

Diet sirtfood merupakan pola diet yang menekankan mengkonsumsi makana yang tinggi akan sirtuin, sejenis protein yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Sirtuin juga dapat berfungsi untuk memengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar lemak, produksi energi, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu sirtuin juga dapat meningkatkan nafsu makan. Sirtuin dapat ditemukan secara alami pada buah-buahan dan sayuran. Oleh karenanya makanan yang mengandung sirtuin disebut sebagai sirtfood – sirtuin food.

Diet ini dikenalkan oleh ahli nutrisi asal Inggris bernama Aidan Goggins dan glen matten pada sebuah buku berjudul “The Sirtfood Diet”. Buku tersebut dipublikasikan di Amerika Serikat pada tahun 2017, berisi perencanaan diet yang diklaim bisa menurunkan berat badan sebanyak tiga kilogram dalam waktu kurang dari seminggu.

Jika biasanya diet dilakukan dengan mengurangi porsi makanan, namun berbeda dengan diet sirtfood ini. Hal ini dikarenakan dalam diet sirtfood menekankan soal kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat, bukan mengurangi porsi makanan ataupun menghindari kelompok makanan tertentu. Diet Sirtfood termasuk dalam jenis cleanse diet yang mengikuti pendekatan ilmiah untuk mengurangi kenaikan berat badan.

Mereka yang menjalani diet ini tidak boleh kehabisan energi, bahkan masih bisa mengkonsumsi cokelat yang biasanya menjadi makanan paling dihindari ketika melakukan diet. Selain itu stroberi hingga wine merah juga masih dapat dikonsumsi oleh mereka yang melakukan diet ini.

Kepopuleran diet sirtfood ini kian meroket setelah Pippa Middleton, saudara perempuan dari Kate Middleton sukses menurunkan berat badan setelah menjalani diet ini. Oleh karenanya, diet sirtfood menempati posisi ketujuh dari jenis diet yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2019.

Bagaimana menjalani diet sirtfood ini?

Dikutip dari Hellosehat, jika kamu ingin menjalankan diet ini kamu harus melakukan dua tahapan berbeda. Tahap pertama membatasi asupan kalori dan kedua menurunkan berat badan secara konsisten. Selama tahap pertama, asupan kalori yang harus kamu makan tidak boleh lebih dari 1.000 kalori selama tiga hari berturut-turut dan juga meminum tiga jus sirtfood. Kamu juga harus mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung sirtuin tinggi setiap harinya.

Pada empat hari berikutnya sampai hari ketujuh, asupan kalori akan dibatasi hanya 1.500 kcal dengan meminum jus sirtfood dan mengonsumsi makanan padat masing-masing sebanyak dua kali sehari. Tahapan pertama ini dilakukan dalam waktu seminggu.

Sementara itu, pada tahapan kedua, kamu harus menurunkan berat badan secara konsisten. Selama dua minggu, kamu hanya boleh makan tiga kali dalam sehari dengan makanan yang memiliki kandungan sirtuin dan meminum satu jus sirtfood.

Kedua tahapan ini dilakukan berulang kali hingga kita memperoleh berat badan yang diinginkan. Jika dua tahapan itu telah selesai, sangat dianjurkan untuk terus menyisipkan makan sirtfood dan minum satu porsi jus sayuran setiap hari.

Makanan apa yang diperbolehkan dalam diet ini?

Diet satu ini memfokuskan mengkonsumsi makanan yang mengandung sirtuin. Metode diet ini dipercaya dapat menstimulasi gen sirtuin lebih mudah, sehingga berujung pada penurunan berat badan, dan peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika biasanya ketika diet kita menghindari mengkonsumsi cokelat, namun diet ini justru merekomendasikan makanan tersebut untuk dikonsumsi selama menjalani program diet ini. Pasalnya cokelat memiliki kandungan sirtuin yang tinggi.

Selain cokelat dan wine, ada beberapa makanan lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika menjalankan diet ini seperti apel, lemon, daun seledri, bawang merah, stroberi, kunyit, minyak zaitun, kubis, blueberry, caper, kale, kangkung, kopi dan kacang kenari.

Pro kontra diet sirtfood

Geggins dan Matten mengatakan bahwa diet ini memiliki banyak manfaat bagi mereka yang menjalankannya, seperti mengalami penurunan berat badan sekitar tiga kilogram dalam seminggu. Selain itu adanya peningkatan energi, kulit menjadi lebih bersih dan kualitas tidur yang lebih baik bisa didapatkan dengan menjalankan diet ini. Tak hanya itu, pola diet ini juga dapat mengontrol nafsu makan secara alami dan meningkatkan fungsi otot sehingga menjadikannya sebagai solusi untuk mendapatkan berat badan yang tidak hanya ideal tapi juga sehat dengan catatan diimbangi dengan olahraga rutin dan penerapan pola hidup sehat lainnya.

Meskipun demikian, diet sirtfood masih menimbulkan pro dan kontra. Ada beberap ahli yang mendukung tentang penerapan diet ini namun ada pula yang kontra dengan diet sirtfood ini. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiology, menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan sirtuin dapat membuat aktivitas fisik seperti berolahraga menjadi kurang efektif dan menurunkan tekanan darah.

Jika kamu hendak menjalani program diet ini, adabaiknya kamu mempertimbangkan hal di atas. Apabila kemu memutuskan untuk melakukannya kamu harus konsistem menjalaninya.

Leave a Comment