Ikuti Cara Ini, Untuk Hilangkan Rasa Cemas dalam waktu 5 detik

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Balqis/Muslimahdaily.vom )

Muslimahdaily - Tentu di antara Sahabat Muslimah pernah merasakan khawatir atau cemas yang tak karuan bukan? Terasa sangat berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Gangguan ini tak mengenal umum penderitanya, tak hanya orang dewasa anak-anak pun bisa mengalami rasa cemas.

Rasa cemas merupakan hal wajar yang dirasakan oleh setiap orang. Cemas merupakan kondisi emosi yang ditandai dengan perasaan tidak menyenangkan akibat kekacauan batin.

Memang tidak mudah untuk melawan rasa cemas. Perlu adanya dampingan atau konsultasi terlebih dahulu untuk melawan jenis gangguan kesehatan tersebut. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk penanganan diri melawan kecemasan dalam waktu singkat. Melansir dari laman Times of India, berikut MuslimahDaily rangkum cara hilangkan rasa cemas dalam waktu lima detik:

Menghitung Mundur

Jika rasa cemasmu meninhkat, cobalah untuk menghitung mundur angka lima sampai satu dengan suara yang keras dan lantang. Hal ini akan membantumu mendapatkan kembali kendali pikiranmu dan menghentikan rasa cemas yang kamu rasakan. Ulangi hal ini sampai kamu merasa sedikit tenang.

Aturan tiga

Yang dimaksud dengan aturan tiga ialah menyebutkan tiga hal yang kamu lihat di sekelilingmu dengan suara keras saat rasa cemas menghantuimu. Misalnya, kamu sedang di taman dan saat itu kamu tengah dirundung rasa cemas cobalah katakan apa yg kamu lihat disekitar taman, sepwri bunga, pohon, orang, kupu-kupu, kursi, aor mancur, dan lain sebagainya. Tindakan ini akan membantu dalam mengeturupsi pikiranmu dan membuat pulih pada keadaan semula.

Katakan dengan suara keras

Motif utama dari kegiatan ini adalah untuk memutuskan putara pikiran yang mengkhawatirkan dan mengalihkan perhatianmu. Jika rasa cemasmu mulai meninggi, mulaiilah mengatakan hal-hal yang positif dengan suara yang keras untuk memahami situasi yang terjaadi. Hal ini penting untuk mengalihkan pikiranmu.

Cobalah katakan, "Saya hanya cemas dan perasaan ini akan hilang" dan "Saat ini saya punya perasaan yang tidak saya sukai, mereka akan hilang, dan saya akan merasa baik-baik saja" atau kamu dapat mengatakan "Ketika saya fokus pada tugas, kecemasan saya akan turun dan saya akan baik-baik saja" atau "saya hanya ingin tenang, bersantai, dan semuanya akan baik-baik saja".

Selamat mencoba Sahabat Muslimah!

Last modified on Sabtu, 25 Januari 2020 20:12

Leave a Comment