Cek Kesehatan Kamu Lewat Warna Bibir

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: newbeauty )

Muslimahdaily - Seperti yang kita tahu, kondisi kesehatan internal tubuh kita akan berpengaruh pada penampilan luar kita. Terutama bagian wajah yang menjadi concern utama pada perempuan. Menutupi imperfections pada wajah bisa dilakukan jika dibutuhkan, namun penting untuk tidak mengabaikan menjaga kesehatannya. Karena untuk menghasilkan makeup yang flawless, dibutuhkan ‘kanvas’ yang bersih dan sehat.

Bibir ialah salah satu bagian wajah yang mungkin luput dari perhatian kita. Padahal, kulit bibir juga termasuk kulit yang lapisannya tipis seperti kulit di area mata. Penggunaan lipstick, lip tint/lip cream sehari-hari pada bibir perlu dibekali dengan perawatan yang tepat agar bibir tidak kering, dehidrasi dan iritasi. Dengan merawat bibir, kamu tidak hanya mendapatkan kondisi bibir yang sehat, namun mengenali bentuk serta warna bibirmu lebih dalam lagi.

Warna bibir setiap orang tentunya berbeda-beda, mungkin kamu melihat orang yang warna bibirnya cerah dan gelap. Hal ini disebabkan oleh 2 hal; yaitu melanin—berkaitan dengan hyperpigmentation/pigmen kulit wajah—dan pembuluh darah kecil yang tersebar tepat di bawah kulit bibir kita. Berkaitan dengan dua hal tersebut dan kondisi kesehatan tubuh kita, warna bibir dapat berubah.

Kita dapat melihat pembuluh darah kecil—capillaries lebih mudah dan terletak dekat dengan kulit yang tipis, yang mana memberikan warna merah natural. Tidak semua orang memiliki warna bibir yang merah alami, dan itu tidak apa-apa. karena setiap orang memiliki kondisi bibir yang berbeda, tesktur, warna dan bentuk yang berbeda. Orang-orang yang berkulit gelap cenderung memiliki melanin yang lebih banyak, dan bibir atas berwarna lebih gelap dari bibir bawah.

Begitu juga dengan orang yang berkulit lebih terang memiliki warna bibir lebih cerah. Hal tersebut disebabkan oleh melanin yang dihasilkan dari kulit untuk mendapatkan tampilan wajah yang kita miliki. Tapi banyaknya melanin yang dihasilkan tergantung pada jenis kulit kita. maka dari itu, orang berkulit gelap menghasilkan melanin yang lebih banyak, dan melanin yang lebih sedikit pada orang berkulit lebih cerah.

Nah, sementara bibir kita tidak menghasilkan melanin sebanyak kulit kita. kamu akan menemukan beberapa pigmen dari seluruh wajah yang seringkali muncul atau melebur dengan bibir atas atau bibir secara general, yaitu seperti freckles. Bahkan sebagian orang tidak memiliki garis bibir sama sekali, hanya terlihat seperti gradien warna.

Di beberapa waktu mungkin warna bibirmu tidak seperti biasanya. Itulah saatnya kamu mulai sadar, bisa jadi ada yang tidak beres dengan kesehatanmu.

Warna biru keunguan

Normalnya, darah kita berwarna merah cerah ketika memiliki supply oksigen yang banyak. Namun, jika warna bibirmu biru keunguan, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuhmu memiliki sirkulasi darah yang buruk. Hal itu dapat terjadi jika sedang kedinginan karena disebut vasoconstriction pada pembuluh darah, dimana sedikit darah yang dipompa ke tubuhmu karena terjadi penyempitan pembuluh darah, seperti rasa kram.

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan pendekatan Traditional Chinese Medicine, warna bibir kebiruan menandakan bahwa kamu tidak makan dengan cukup. Lakukan olahraga yang cukup, agar darah tersikulasi dengan baik ke seluruh tubuh.

Kamu juga mungkin merasa sangat kelelahan. Karena kekurangan oksigen, Traditional Chinese Medicine percaya bahwa tubuh membuat stagnasi atau penyumbatan yang menghasilkan sirkulasi tubuh tidak baik. Kamu mungkin bisa merasa perut kembung, peradangan dan pembengkakan di bagian tubuh. Maka dari itu disarankan untuk olahraga setidaknya 30 menit. Hal lainnya yang termasuk penyebab bibir kebiruan adalah anemia, kurangnya zat besi pada darah.

Putih atau pucat

Warna putih atau pucat dapat mengindikasikan sistem sirkulasi darah tidak berfungsi dengan baik dan jumlah sel darah rendah. Biasanya warna bibir putih atau pucat bersamaan dengan wajah yang pucat dan tangan yang dingin.

Namun, untuk tubuhmu dapat menandakan anemia, kurangnya darah karena fase menstruasi yang lama dan banyak, rendahnya gula darah, kurangnya vitamin B12. Ada juga kondisi yang mempengaruhi bagian tubuh lainnya seperti kulit kering bahkan dehidrasi, pusing, dan sangat mempengaruhi pola tidur, seperti insomnia.

Bibir kering terkelupas

Memasuki musim hujan, udara yang semakin dingin, sangat mempengaruhi kondisi bibir seperti ini. Mungkin banyak orang yang mengalaminya, yaitu bibir kering mengelupas bahkan hingga ke sekitar bibir.

Disarankan untuk perbanyak minum air dan nutrisi yang dibutuhkan. Kondisi ini mungkin akan terbantu dengan penggunaan lip balm, tapi akan terus kembali ke kondisi sebelumnya hingga kamu benar-benar mencari tahu apa yang tubuhmu butuhkan.

Leave a Comment