Simpan Skincare di dalam Kulkas, Bahayakah?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Bagi pengguna skincare baik dari produk lokal maupun high-end atau perawatan ke dokter spesialis kulit, kita pasti tidak asing lagi dengan anjuran penyimpanan skincare di dalam kulkas. Selain membuat produk lebih segar dengan sensasi dingin saat pengaplikasian di wajah, ada juga beberapa kandungan kimia tertentu yang membuat produk tersebut perlu disimpan di dalam kulkas. Adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan produk skincare di dalam kulkas? Perlukah hal tersebut dilakukan? Tentunya sudah dirangkum oleh Muslimahdaily sebagai berikut.

Setiap produk yang kita lihat atau beli telah melewati uji stabilitas. Setelah suatu produk telah selesai dan siap dijual, produk tersebut akan dites stabilitasnya pada jangka waktu tertentu untuk melihat apakah formula yang terkandung akan berubah atau tidak (stabil), di berbagai lingkungan yang berbeda. Biasanya, pada fase ini formulasi produk akan melewati ssat-saat yang ekstrim dimana observasi produk dibutuhkan apabila produk tersebut menghasilkan substansi yang tidak diinginkan atau formulanya terpisah, konsistensi tekstur yang berubah karena berbagai tingkat kelembaban, temperature, dan paparan sinar matahari.

Umumnya, produk skincare yang kita lihat dan gunakan itu diformulasikan untuk disimpan pada suhu ruangan. Menyimpan skincare di dalam kulkas mungkin tidak diperlukan dalam temperatur dan kelembaban yang berbeda, kecuali produk tersebut memang menyarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas.

Formula yang dianjurkan disimpan di dalam kulkas

1. Vitamin C (L-Ascorbic Acid)

Formula aktif yang sangat bermanfaat khususnya untuk mencerahkan wajah, penuaan wajah (anti-aging). Namun, Vitamin C adalah komposisi yang cukup rumit karena formulanya yang tidak stabil, mudah oksidasi, sangat sulit untuk diformulasikan tergantung dengan penyimpanannya. Jadi, memang ada beberapa brands yang menyarankan untuk menyimpan serum vitamin C nya disimpan di dalam kulkas dan jauh dari paparan sinar matahari.

2. Packaged Ampoules

Produk ini mungkin akan lebih berguna dan efektif jika disimpan di dalam kulkas, tapi tentunya dengan bertanya kepada SPG brand tersebut. Sebenarnya, fakta di balik pengemasan formula secara individual adalah untuk memanfaatkan kandungan formula secara maksimal dalam setiap pemakaian. Maka dari itu mereka mengurangi paparan udara, sinar matahari dan perubahan lingkungan yang mungkin akan mempengaruhi manfaat dan integritas formula serta potensi bahan aktif itu sendiri.

3. Produk berbasis air

Beberapa contohnya seperti hydrating toner, essence, serum, sheet mask. Dengan menggunakan produk tersebut yang disimpan di kulkas dapat menghasilkan efek dingin yang menyegarkan secara instan.

Formula yang disimpan dalam temperature kamar

1. Sunscreen & Produk berbasis silicon

Produk berbasis silicon seperti makeup primer dan foundation akan lebih stabil jika disimpan dalam suhu ruangan karena memberikan fleksibilitas saat pengaplikasiannya di wajah. Sementara untuk sunscreen, jika disimpan di suhu yang lebih dingin atau lebih panas, perhatikan jika produk akan terlihat terpisah antara kandungan minyak dan airnya, bahkan dengan lapisan filter UV. Jika sudah terlanjur, coba untuk mengocoknya terlebih dahulu sebelum dipakai.

2. Krim dengan kandungan minyak/wax yang tinggi

Minyak dan wax mudah mengeras dan memadat di lingkungan yang lebih dingin. Nah, jika kamu menyimpan pelembabmu di dalam kulkas dan produknya diformulasi dengan sangat baik, maka tidak akan mempengaruhi konsistensi teksturnya. Namun, seringnya produk akan memadat atau mengeras.

3. Produk dengan tekstur yang berbeda

Tekstur dengan konsistensi seperti jelly atau selai, memory foam atau seperti whipped cream dapat mudah terpengaruh oleh perubahan suhu. Jika disimpan di suhu dingin atau suhu yang panas, produk tersebut mungkin tidak akan memberikan tekstur adan sensasi yang sama.

Kesimpulannya adalah kamu mungkin tidak perlu untuk menyimpan skincare di dalam kulkas, karena dapat memadatkan dan mengeraskan formula yang terkandung dan memberikan hasil yang berbeda.

Sumber: Liah Yoo (Founder KraveBeauty)

Last modified on Senin, 27 Januari 2020 00:49

Leave a Comment