7 Bahan Alami Berikut Ampuh Mencerahkan Kulit Belang

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Pexels )

Muslimahdaily - Sebagai wanita, permasalah kulit jadi salah satu yang paling dikhawatirkan. Pasalnya, kulit yang bermasalah acap kali membuat kita jadi kurang percaya diri.

Salah satu masalah kulit yang sering dialami adalah kulit belang. Kulit belang adalah penampakan kulit yang tidak rata sebagaimana warna kulit bagian lain. Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari dan kurang perlindungan akan menjadi belang. Hal ini lantaran kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh kita.

Walau demikian, kulit belang dapat teratasi dengan beberapa usaha atau bahan alami. Berikut Muslimahdaily rangkum 7 bahan alami untuk mengatasi kulit belang, dilansir dari berbagai sumber:

1. Manfaatkan vitamin E dari kulit jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin E baik bagi kesehatan kulit. Tak hanya mampu mengembalikan warna alami dari kulit kamu, vitamin E juga mampu menutrisi kulit.

Caranya, keringkan kulit jeruk dan haluskan hingga menjadi bubuk. Kemudian, campurkan 2 sendok teh bubuk kulit jeruk dengan 2 sendok teh madu dan 1 sendok the brown sugar. Balurkan campuran tersebut ke seluruh bagian kulit yang belang selama 15 menit. Lakukan secara rutin agar kulit belang kembali pulih.

2. Gel lidah buaya

Lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kulit. Selain dapat melembabkan kulit, lidah buaya juga dapat memutihkan kulit.

Caranya, oleskan campurkan gel lidah dan minyak almond ke bagian kulit yang lebih gelap selama 15-20 menit kemudian dibilas.

3. Lulur kunyit

Salah satu bumbu dapur ini mampu menghilangkan belang pada kulit. Kandungan curcumin dan antioksidan pada kunyit mampu mencerahkan kulit.

Caranya, kunyit diolah terlebih dahulu menjadi bubuk dengan cara diparut. Kemudian campurkan kunyit dengan sedikit air.

Diamkan hingga terdapat endapan sari kunyit untuk dicampur dengan tepung beras. Campuran tersebut kemudian digunakan sebagai lulur yang dapat dioleskan ke bagian kulit yang belang secara merata. Pijat bagian kulit yang belang kemudian bilas dengan air hangat.

4. Scrub dengan bengkuang

khasiat bengkuang untuk mencerahkan kulit memang sudah tak asing. Untuk itu, tak ada salahnya mencoba bengkuang untuk mengembalikan warna alami kulit kamu akibat belang.

Caranya, parut bengkuang lalu campurkan dengan yogurt plain dan garam. Campuran ini digunakan untuk scrub ke area kulit yang belang. Gosok-gosokan scrub bengkuang dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas. Lakukan dengan rutin agar kulit belang dapat pulih kembali.

5. Lulur dengan air cucian beras

Air cucian beras mengandung asam ferulic dan allantoin yang mampu melindungi dan memutihkan kulit. Untuk mengatasi kulit belang, diamkan air cucian beras tersebut hingga mengendap. Kemudian endapannya jadikan sebagai lulur. Oleskan lulur ke bagian kulit dan tunggu selama 1 jam, lalu bilas dengan air.

6. Masker dari putih telur

Putih telur mengandung protein yang mampu merangsang regenarasi kulit. Sel kulit yang lama akan mengelupas dan digantikan dengan yang baru. Dengan rutin menggunakan masker putih telur ini, kulit belang kamu akan kembali normal.

Caranya, pisahkan putih dan kuning telur. Kemudian kocok putih telur hingga berbusa. Campurkan putih telur dengan madu atau perasan jeruk nipis. Selain untuk menambah khasiat, madu atau jeruk nipis dapat mengurangi bau amis dari putih telur. Oleskan campuran tadi ke area kulit belang. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

7. Lulur tomat

Selain dapat mengatasi jerawat, tomat juga dipercaya mampu mencerahkan kulit belang. Pasalnya, tomat memiliki kandungan vitamin A, E dan likopen yang dapat memerangi radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya, haluskan satu buah tomat dan oles keare kulit yang belang. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan ait hangat.

Selain dapat diatasi dengan 7 bahan alami di atas, kamu juga dapat melakukan beragam usaha agar mencegah kulit menjadi lebih belang. Pastikan, kamu rutin membersihkan muka dan gunakan pelembab. Penggunaan sunscreen sebelum keluar rumah juga penting agar kulit tidak terbakar sinar matahari.

Leave a Comment