×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Kenapa Lihat Video Kucing Bisa Membuat Bahagia?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kamu suka lihat video kucing atau anjing? Tak bisa dipungkiri memang, video hewan-hewan lucu tersebut dapat membuat kita lupa waktu dan membuat ketagihan.

Mengapa demikian?

Tren mengenai kegemasan pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1970an. Kemudian menyebar ke Asia Timur hingga akhirnya mendunia. Kini, kegemasan meluas hingga seluruh aspek, mulai dari hiburan, fashion, hingga desain produk.

Pada tahun 1943, seorang etolog terkenal, Konrad Lorenz menciptakan istilah ‘kindchenschema’ atau skema bayi. Ia berpendapat, adanya fitur tertentu, yaitu intantile physical motphology, dapat memicu respon ‘aww'.

Lorenz juga mengatakan fitur-fitur seperti mata yang besar, pipi yang gembil, yang cara berjalan yang lucu tampak menggemaskan bagi kita. Hal tersebut biasa kita temui di foto atau video-video hewan dan bayi. Saat kita melihat sesuatu yang menggemaskan, kita cenderung bersikap ingin melindunginya. Karena melihat atau menontonnya juga dapat membuat hati menjadi menghangat. Hal ini juga bersifat adaptif sehingga kita senang melihatnya terus menerus.

Penelitian lebih lanjut yang dilakukan Kringelbach dan kawan-kawannya menemukan bahwa kegemasan bukan hanya berasal dari fitur tertentu. Namun juga, melalui suara dan bau-bauan. Kegemasan juga berperan penting dalam hal bonding, empati, dan well-being.

Selain sebagai hiburan, ternyata kegemasan juga dapat dimanfaatkan pada beberapa hal, diantanya:

1. Mempertajam fokus

Hasil penelitian Nitton menemukan bahwa melihat foto-foto menggemaskan dapat mempertajam fokus dan meningakatkan akurasi. Ketika kita fokus, tentu kita akan semakin berhati-hati. Hal ini akan sangat membantu ketika kita akan melakukan suatu pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi.

2. Menciptakan lingkungan pekerjaan yang lebih nyaman

Kegemasan juga dapat membantu kita dalam hal pekerjaan. Tak jarang kita sungkan ketika hendak meminta seseorang melakukan sesuatu. Dibanding meninggikan ego, ada baiknya kamu mencoba trik dengan cara menghiburnya.

3. menghilangkan kebiasaan buruk

Kamu suka kehilangan suatu barang? Mungkin kegemasan jadi salah satu solusinya. Kamu dapat mencoba mempersonifikasikan barang-barang kamu. Cara lain adalah dengan memilih desain menggemaskan. Dengan begitu, kamu akan cenderung lebih menjaga dan merawat barang-barang kamu.

4. Mengurangi rasa kesal

Kalau kamu punya rasa kesal terhadap seseorang, kamu bisa manfaatkan kegemasan untuk mengurangi rasa tersebut. Caranya, coba bayangkan orang yang kamu kesali dalam versi anak kecil. Anak kecil yang biasanya menggemaskan dapat membangkitkan rasa perhatian kamu dan empati.

5. Menciptakan suasana yang lebih nyaman

Agar merasakan suasana yang lebih hangat dan tenang, kamu dapat merubah perabotan rumah tangga kamu dengan desain yang lebih bulat atau lebih nyaman. Sebagai referensi, kamu bisa mencoba furnitur dengan desain neotenic untuk menciptakan suasana yang lebih playful dan menyenangkan.

Sumber: Psychology Today

Last modified on Senin, 03 Februari 2020 14:09

Leave a Comment