Sering Ngantuk Saat Bekerja? Coba Atasi dengan 7 Tips Ini

By February 6, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Pexels )

Muslimahdaily - Tak bisa dipungkiri, ngantuk saat bekerja sering terjadi. Pola hidup yang tak sehat seperti sering begadang dan mengonsumi kafein dan junkfood biasanya jadi penyebab kamu jadi lebih sering ngantuk saat bekerja. Kalau sudah begitu, produktivitas kamu dapat tergangu dan pekerjan jadi berantakan.

Namun, jangan khawatir. Berikut Muslimahdaily rangkum 7 tips untuk mengatasi rasa ngantuk saat bekerja dilansir dari berbagai sumber:

1. Perhatikan asupan makanan

kantuk bukan hanya disebabkan kelelahan bekerja. Namun, juga dari asupan yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi makanan tidak sehat seperti kafein yang telalu banyak dapat membuat kamu mengantuk di saat yang tidak tepat. Selain itu, menu sarapan yang telalu berat juga dapat menyebabkan kantuk.

Oleh karena itu, usahakan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi secara teratur. Pilihlah, menu sarapan ringan seperti buah dan sayur dan hindari kafein yang terlalu banyak.

2. Olahraga di pagi hari

Selain menyehatkan, olahraga di pagi hari dapat membuat tubuh kamu lebih segar seharian. Lakukan beberapa olahraga ringan sebelum berangkat bekerja.

3. Kerjakan pekerjaan yang penting terlebih dulu

Ngantuk saat bekerja biasanya datang pada waktu siang atau setelah makan siang. Agar tidak mengganggu produktivitas kerja, sebaiknya lakukan tugas yang lebih penting terlebih dahulu.

4. Tidur sebentar

Obat paling ampuh dari ngantuk salah satunya adalah tidur. Dengan melakukan power nap atau tidur siang sejenak dapat membuat tubuh kamu lebih rileks dan tentunya membunuh kantuk itu sendiri.

Cobalah lakukan power nap di sela-sela jam istirahat. Tidur selama 15-20 menit merupakan durasi tidur yang dianjurkan. Jika lebih dari itu, tubuh malah akan semakin lelah dan nantinya malah semakin ngantuk.

5. Lakukan aktivitas hiburan

Jika tidak memungkinkan untuk tidur sejenak, cara lain untuk menghilangkan ngantuk adalah dengan melakukan aktivitas hiburan. Kamu bisa mencoba untuk memainkan permainan di smartphone, scrolling timeline social media atau sekedar mendengarkan musik.

Bila dirasa masih mengantuk, cobalah bangun dari tempat duduk dan lakukan aktivitas ringan seperti berjalan di sekitar kantor atau menghampiri dan berbincang dengan rekan kerja. Tapi, jangan sampai menggangu pekerjaan, ya.

6. Lakukan teknik pernapasan

Melakukan teknik pernafasan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Dengan melakukan teknik pernapasan, tidak hanya menghilangkan ngantuk, kamu juga akan lebih rileks setelahnya.

Caranya,

1. Duduk tegak di kursi dan fokus bernapas melalui perut.

2. Letakkan tangan kanan kamu di bawah rusuk dan tangan kiri di dada.

3. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut kamu mendorong tangan kanan.

4. Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut.

5. Ulangi tahapan di atas sampai 10 kali.

7. Jangan begadang lagi

Salah satu alasan ngantuk di saat jam kerja adalah kurangnya jam tidur pada malam hari. Terlebih jika kualitas tidur kamu buruk. Oleh karena itu, hindari begadang di malam hari dan lakukan tidur yang cukup selama 7 jam. Selain itu, kurangi penggunaan smartphone dan TV sebelum tidur.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama