5 Bahan Alami untuk Atasi Gigi Ngilu

By February 7, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Hellosehat )

Muslimahdaily - Pernahkah kamu mengalami gigi ngilu saat makan es krim atau makan bakso dengan kuah yang cukup panas? Rasanya sangat mengganggu bukan? Biasanya gigi terasa ngilu jika memang sedang sensitif atau berlubang. Namun, umumnya gigi terasa ngilu karena lapisan enamel yang terkikis. Enamel tersebut menyebabkan dentin terbuka sehingga paparan makanan yang mengenai saraf dan membuat terasa ngilu.

Banyak omat medis yang ditawarkan untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi. Namun, bagi kamu yang mengindari obat-obatan berbahan kimia, ada pula perawatan ala rumahan yang dapat kamu racik untuk meredakan sensasi gigi ngilu.

Daun Jambu Biji

Selain dijadikan sebagai obat herbal diare, kandungan dalam daun jambu biji juga dipercaya dapat meredakan gigi ngilu. Seperti yang dilansir dari laman hellosehat, International Journal of Molecular Sciences mengungkapkan, daun jambu kaya akan antioksidan flavonoid yang salah satu manfaatnya adalah untuk meredakan rasa ngilu pada gigi. Kamu dapat menggunakan sari daun jambu biji yang bisa dioleskan pada bagian gigi yang terasa ngilu.

Bawang Putih

Senyawa alici yang terdapat di bawang putih memeiliki sifat antiseptic dan antimikroba. Kombinasi keduanya dapat membantu melawan kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredakan rasa nyeri. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengunyah bawang putih di bagian gigi yang terasa ngilu. Jika kamu enggan mengunyahnya, kamu dapat mengirisnya tipis-tipis dan letakkan di bagian gigi yang sakit.

Air Garam

Garam terbukti memiliki kandungan antiseptic di dalamnya. Garam dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peredangan dan sensasi gigi ngilu. Kamu bisa enjadikan garam sebagai obat kumur dengan melarutkan ½ sendok the datam ke dalam air hangat. Kumur-kumur selama 30 detik lalu buang airnya.

Air Madu

Kamu bisa menjadikan madu sebagai obat kumur dengan menambahkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat. Madu memiliki sifat antiseptic dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu.

Kunyit

Bumbu dapur satu ini memang sudah dipercaya manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya ialah sebagai pered nyeri dari gigi ngilu. Senyawa curcumin di dalamnya sangat efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya.

Last modified on Saturday, 08 February 2020 04:27

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama