Sering Mandi di Malam Hari? Ini Dia Dampak Negatifnya

By February 7, 2020 0
ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Mandi merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan semua orang setiap harinya.  Umumnya kita mandi dua kali sehari dalam sehari, yakni pada pagi hari dan sore hari. Namun, orang-orang dengan aktifitas padat hingga larut malam memiliki kebiasaan mandi saat malam hari.

Memiliki banyak kegiatan di luar ruangan selama seharian pasti membuat badan lelah dan penuh dengan keringat maupun kotoran. Sehingga ketika sampai di rumah, rasanya ingin membersihkan diri agar dapat tidur dengan nyenyak meskipun sudah malam. Mandi malam hari memang memiliki beberapa manfaat yang baik, namun tak bisa dipungkiri mandi ketika malam hari juga dapat menjadi pemicu munculnya beberapa penyakit dalam tubuh.

Berikut dampak negatif mandi pada malam hari yang telah dirangkum Muslimahdaily dari berbagai sumber:

1. Menyebabkan  demam

Pada malam hari, suhu tubuh akan mengalami peningkatandan menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Sehingga apabila kita mandi pad amalam hari, air yang bersuhu dingin akan meresap masuk dan bercampu dengan suhu panas pada tubuh. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan menyebabkan tubuh lebih rentan terkena demam.

2.  Menyebabkan nyeri otot

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pori-pori tubuh yang terbuka ketika malam hari dan menyebabkan suhu tubuh yang panas tercampur dengan suhu air mandi yang dingin dapat menyebabkan nyeri pada otot.

3.  Menyebabkan asam urat

Mandi malam hari dapat menyebabkan asam urat. Air dingin yang digunakan untuk mandi memang menyegarkan, namun air dingin akan membuat ssendi-sendi terasa nyeri, karena seiring bertambahnya usia cairan sendi mengalami perubahan komposisi.

4.  Menyebabkan penuaan dini

Terganggunya metabolisme tubuh karena mandi di malam hari dapat berimbas pada proses metabolisme lemak juga. Proses metabolism lemak yang tidak lancar akan menyebabkan kulit keriput.

5.  Menyebabkan pilek

Malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk beristirajat setelah beraktifitas seharian. Mandi pada malam hari dapat menyebabkan tubuh masuk angina dan suhu tubuh terasa panas. Jika kamu mandi pada saat suhu tubuh yang masih tingga, kamu dapat masuk angin dan pilek.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk mandi pada malam hari, kamu harus memperhatikan suhu tubuhmu. Jika memang terpaksa harus mandi pada malam hari, gunakan air hangat untuk mengurangi timbulnya penyakit pada tubuh. Mandi menggunakan air hangat juga akan membuat tubuh lebih segar, tekanan darah turun dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Last modified on Friday, 07 February 2020 21:38

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama