5 Makanan dan Minuman yang Mampu Redakan Nyeri saat Haid

By February 9, 2020 0
Nyeri Haid Nyeri Haid http://pexels.com

Muslimahdaily - Nyeri saat haid memang hal yang wajar bagi perempuan. Nyeri haid ada kalanya membuat tak nyaman hingga dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

Saat nyeri terjadi, otot rahim berkontraksi dan menyebabkan kram pada perut. Tak jarang, nyeri dibarangi dengan rasa mual, lemas, sakit kepala, hingga diare.

Agar tak menganggu produktivitas, kamu dapat mengonsumsi makanan dan minum berikut untuk mengurangi nyeri saat haid.

1. Air hangat

Cara yang paling mudah untuk meredakan nyeri haid adalah mengonsumsi air hangat. Dikenal punya banyak manfaat, air mineral juga mampu melancarkan aliran darah dan membantu merelaksasikan otot yang kram.

2. Sayuran hijau

Selama haid, tubuh kekurangan zat besi. Terlebih ketika mengalami siklus berat. Tubuh jadi cepat lelah dan pusing. Untuk itu, penting bagi kita mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayuran hijau. Selain dapat memenuhi kebutuhan zat besi, sayuran juga kayak akan magnesium.

Pilihlah bayam, brokoli, kale, sawi atau kubis sebagai menu. Namun, jika tidak terlalu menyukai sayuran, kamu dapat mencampurkannya dengan buah yang disukai.

3. Yogurt

Selain enak, yogurt ternyata juga dapat meredakan nyeri saat haid. Dilansir dari Healtline, hal ini lantaran banyak orang mengalami nyeri haid yang disebabkan oleh infeksi. Jika kamu orang yang cenderung mengalami infeksi, makanan yang kaya akan probiotik seperti yogurt akan memberi makan bakteri “baik” di vagina kamu dan membantu melawan infeksi tersebut.

Tak hanya kayak akan magnesium dan kalsium yang mampu meredakan nyeri saat haid, yogurt juga mengandung vitamin B kompleks, zinc, selenium, zat besi, dan fosfor yang baik bagi tubuh.

4. Ikan

Ikan dikenal sebagai makanan yang kaya akan zat besi, protein, asam lemak, dan omega-3 yang tepat untuk dijadikan sebagai menu diet. Nyatanya, ikan juga tepat sebagai menu makan saat merasakan nyeri haid karena dapat memenuhi kebutuhan zat besi yang menurun.

Menurut studi pada tahun 2012 menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 cenderung mengalami nyeri haid yang lebih ringan dibanding perempuan yang tidak mengonsumsinya. Mereka juga dapat mengurangi jumlah ibuprofren yang sebelumnya dikonsumsi. Studi lain menunjukkan omega-3 mampu mengurangi depresi dan perubahan suasan pada perempuan saat haid.

Sebagai referensi, kamu dapat memilih ikan salmon, makarel, dan ikan kembung. Omega-3 juga dapat ditemukan dari biji rami, kedelai,kembang kol, dan biji kenari.

5. Pisang

Buah yang satu ini kaya akan vitamin B6 dan kalium yang mampu meredakan rasa kembung para perut. Pisang mampu menggantikan hilangnya kalium dan meningkatkan mood serta pergerakana otot. Jika kamu bukan penggemar pisang, kamu dapat mengganti dengan jeruk.

Selain mengonsumsi 5 makanan dan minuman di atas, kamu sebaiknya menghindari kopi, makanan pedas, dan mengandung gula dan garam yang tinggi.

Last modified on Saturday, 08 February 2020 10:56

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama