Tips Makeup Anti Cakey dan Tahan Lama di Cuaca Lembab

By February 10, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Pexels )

Muslimahdaily - Negara Indonesia yang tergolong tropis ini membuat kita melewati dua musim yang bergantian, yaitu musim panas dan musim hujan. Kadang, cuaca yang tidak menentu cukup membingungkan. Paginya panas, siangnya hujan, atau sebaliknya. Hal ini mengakibatkan udara yang cenderung lembab. Khususnya di awal tahun ini yang sedang melewati musim hujan.

Bagaimana untuk tetap tampil cantik tanpa berlebihan? Apalagi jika udara yang lembab dan cuaca yang tidak menentu membuat kita kewalahan untuk makeup karena kulit yang berminyak dan berkeringat sepanjang hari. Tanpa kita sadari, pemakaian makeup juga perlu menyesuaikan dengan cuaca tempat kita tinggal. Agar kita tidak kesulitan dan terganggu dengan kondisi makeup yang tidak nyaman. Masih ada harapan untuk memperbaiki dan mengembangkan skill makeup kita dengan menggunaka makeup yang segar, tahan lama dan tetap terlihat sehat!

1. Mulai dengan wajah yang cukup terhidrasi

Beberapa tips yang sama didapatkan dari makeup artist, mulailah dengan wajah yang terhidrasi dengan baik. Yaitu dengan mengaplikasikan skincare terlebih dahulu, terutama pelembab dan sunscreen. Makeup akan terpoles dengan baik di atas ‘kanvas’ yang lembab, kenyal dan segar.

2. Gunakan produk dengan hasil yang natural

Hindari produk base makeup yang bersifat matte atau memiliki formula pengontrol minyak. Terlalu mengandalkan pada produk tersebut, hanya akan membuat kulitmu terasa tidak nyaman dan malah mengatasi kekeringan pada kulit dengan lebih banyak minyak lagi. karena itu, carilah produk yang memberikan hasil makeup serupa dengan kulit naturalmu.

3. Kenali alat makeup

Sangat penting untuk mengenali alat-alat yang sangat berguna dan membantu kita dalam mengaplikasikan makeup. Salah satunya adalah beauty blender / sponge. Ada 2 cara untuk menggunakannya, yaitu dengan dibasahi / kering. Beauty blender / sponge yang basah akan memberikan hasil makeup yang natural dan bebas goresan-goresan kasar dengan sedikit coverage namun masih cukup baik digunakan, sementara beauty blender / sponge yang kering lebih mengambil banyak produk ke kulit yang berarti coverage yang lebih banyak juga dan umumnya menghasilkan makeup yang bersifat matte.

Jika kamu menggunakan brush, kepadatan tiap helai brush itu penting. Semakin padat brushnya, semakin banyak coverage makeup yang dihasilkan. Brush atau kuas yang padat mengambil lebih banyak produk sehingga tersebar dengan baik di kulit. Sementara brush yang lebih longgar dan terpisah mengambil lebih sedikit produk yang akan diaplikasikan ke wajah.

Panjangnya brush juga penting. Brush dengan helaian yang lebih pendek akan lebih kaku untuk mengaplikasikan produk yang lebih banyak. Untuk brush dengan helaian yang lebih panjang akan lebih fleksibel menaburkan produk dengan lebih lembut dan hasil yang lebih natural.

4. Less is more

Dalam hal pengaplikasian makeup, sedikit itu lebih baik. Kadang kita merasa wajah kita seperti buku gambar yang harus penuh dengan warna dan coretan. Kita tidak sadar bahwa otot wajah kita bergerak beribu bahkan berjuta kali dalam sehari. Semakin wajah kamu bergerak, semakin makeup kamu bergerak juga. Untuk mencegah hal ini terjadi, kuncinya adalah menggunakan hanya sedikit produk makeup sebisa mungkin. Cobalah mulai dengan menotolkan beberapa produk makeup di bagian tengah wajah dan konsentrasikan di bagian-bagian yang paling membutuhkan coverage. Kemudian blend sisa produk yang ada di beauty blender / sponge ke seluruh bagian lainnya. kamu akan sadar betapa sedikitnya produk makeup yang kamu butuhkan.

5. Facial mist

Penggunaan spray mist di sela-sela atau setelah makeup akan membuat makeup lebih menempel dan tahan lama karena terhidrasi oleh spray mist tersebut. Tidak perlu terlalu banyak, cukup semprotkan beberapa kali dengan lembut sampai wajah kamu terasa terlembabkan dan segar.

6. Gunakan bedak yang sesuai

Bedak tabur akan lebih baik jika digunakan dengan brush atau kuas yang lebih longgar dibandingkan bedak padat yang digunakan dengan sponge. Aplikasikan bedak tabur dengan menepuk lembut brush dengan ringan. Lebih banyak bedak yang diaplikasikan justru akan menghasilkan kulit yang cakey atau terlihat retak dan tidak merata. Dengan begitu, bedak tabur yang diaplikasikan dengan fleksibel tidak akan merusak kelembaban kulit yang telah terhidrasi sebelumnya. Kulit natural kamu akan lebih menonjol dan berseri-seri.

Sumber: YouTube Liah Yoo

Tonton videonya di bawah ini:

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama