Kenali 6 Manfaat Castor Oil Untuk kecantikan

By February 11, 2020 0
Castor Oil Castor Oil (foto:pexels.com)

Muslimahdaily - Jika kamu sedang mencoba untuk menghindari bahan kecantikan kimia, maka castor oil atau minyak jarak dapat menjadi pilihan. Selain khasiatnya yang beragam, konon minyak jarak ini disebut-sebut sebagai bahan kecantikan andalan ratu Cleopatra.

Castor oil merupakan minyak yang didapatkan dari hasil ekstraksi tanaman biji castor. Minyak ini mengandung vitamin E, protein, Omega-6 & 9, anti inflammatory dan anti bacterial. Tak hanya itu, castor oil juga sangat kaya akan antioksidan. Tak heran, jika minyak ini mampu menyelesaikan berbagai permasalahan kulit dan rambut.

Berikut Muslimahdaily rangkum beberapa manfaat Castor Oil untuk kecantikan, dilansir dari berbagai sumber:

Mencegah Jerawat

Castor oil bisa menjadi solusi untuk mencegah kulit berjerawat ataupun obat bagi jerawat membandel. Kamu bisa mengoleskan minyak ini pada jerawat. Selain itu, minyak ini juga dipercaya dapat membantu membersihkan debu, kotoran, sel kulit mati, dan sebum berlebih.

Meratakan Warna Kulit

Sering terpapar sinar matahari dengan tanpa menggunakan tabir surya dapat membuat warna kulit menjadi belang atau tidak merata. Namun tidak perlu khawatir, castor oil bisa menjadi solusi. Kandungan asam lemak dalam minyak jarak dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit dan membantu memulihkan warna kulit yang tidak merata.

Bibir Pecah-Pecah

Minyak jarak dipercaya mengandung nutrisi vitamin E, mineral dan asam lemak. Kandungan tersebut dapat menjaga bibir untuk tetap lembab dan terhindar dari bibir pecah-pecah.

Disinfektan Luka

Selain untuk kecantikan, castor oil juga berfungsi sebagai disinfektan yang sangat baik untuk mengobati luka ringan dan kulit tergores. Sifat anti-inflamasi pada minyak ini juga mampu membantu menghilangkan rasa sakit pada luka.

Mencegah Kulit Keriput

Sebuah penelitian di North Carolina State University menyebutkan bahwa ekstrak biji jarak mengandung asam yang dapat memecah minyak di wajah dan menyumbat kelenjar serta pori-pori.

Cara Pemakaiannya pun juga sangat mudah, yaitu dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat. Kemudian, oleskan minyak jarak pada wajah sambil pijat secara lembut dan perlahan, lalu diamkan selama beberapa saat. Terakhir, bilas dengan kain yang telah dicelupkan air hangat.

Memicu Pertumbuhan Rambut

Kandungan omega 6 dan 9 dalam minyak jarak ternyata mampu memberikan nutrisi pada rambut. Manfaatnya, kandungan tersebut dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaganya agar tetap sehat. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Kamu hanya cukup mengaplikasikan castor oil ke permukaan kulit kepala dengan merata.

Banyak sekali manfaat yang terkadung di dalam minyak ini, tunggu apalagi, yuk gunakan minyak jarak untuk atasi permasalahan kulitmu. Selamat mencoba!

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama