Kenali Penyakit Kista, Penyebab hingga Jenisnya

By February 17, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: webmd )

Muslimahdaily - Mungkin di antara Sahabat Muslimah sudah tidak asing lagi mendengar soal penyakit kista yang kerap dialami oleh sebagian besar wanita. Kista merupalan benjolan yang tumbuh pada bagian tubuh tertentu.

Benjolan tersebut biasanya tumbuh pada bagian bawah kulit yang berisi cairan, udara, atau zat mirip dengan blister. Kista tumbuh disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, radang, atau bahkan karena keturunan.

Melansir dari laman Medical News Today, dalam anatomi, kista juga dapat merujuk pada kantong atau kantong normal di tubuh, seperti kantung kemih. Kista bukanlah bagian normal dari jaringan di mana mereka tumbuh. Membran yang berbeda dan dipisahkan dari jaringan didekatnya sampai bagian luar dari sebuah kista dinamakan dinding Kista. Jika kantung diisi dengan nanah itu bukanlah Kista melainkan abses.

Apa gejalanya?

Umumnya gejala Kista disertai dengan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu. Ukuran benjolan tersebut bervariasi dan biasanya disertai dengan gejala kulit sekitar area Kista akan memerah; keluar darah atau nanah dari benjolan tersebut; infeksi yang memicu pada penyakit kista; demam; pusing; hingga mual akan dialami oleh penderita.

Tanda dan gejala Kista sangat bervariasi tergantung jenisnya. Dalam banyak kasus, para penderita akan menyadari keberadaan benjolan abnormal yang merupakan kista, terutama yang tumbuh pada bagian kulit atau Kista yang tepat di bawah kulit. Penderita kista payudara mungkin baru menyadarinya setelah menyentuhnya. Sedangkan, kista yang tumbuh pada bagian otak, para penderita akan merasakan sakit kepala.

Sudah dikatakan sebelumnya, jika kasta memiliki berbagai jenis tertentu. Melansir dari Medical News Today, berikut Muslimahdaily rangkum beberapa jenis kista di antaranya:

Kista Arachonoid

Selaput araknoid menutupi otak, araknoid akan membelah dan membentuk kantung abnormal dengan cairan serebrospinal di dalamnya. Jenis kista ini dapat mempengaruhi bayi yang baru lahir.

Kista Baker

Kista baker atau sering disebut kista poplitea merupakan benjolan yang rumbuh pada bagian belakang lutut. Saat melakukan aktivitas, penderita akan merasakan nyeri yang berlebih akibat tumbuhnya kista ini. Kista Baker biasanya disebabkan oleh masalah dengan sendi lutut, sepeeti radang sendi.

Kista Bartholin

Kista ini terjadi jika kelenjar Bartholin yang terdapat di bawah Vagina tersumbat. Bagi para penderita yang mengalami kista ini harus diperasi, khususnya bagi wanita.

Kista Epididimis

Merupakan Kista Spermatokel yang terbentuk di pembuluh yang melekat pada testis. Jenis Kista ini diperkirakan mempengaruhi 20-40 persen pria Amerika dan biasanya tidak mengganggu kesuburan atau membutuhkan kesuburan.

Kista Ovarium

Umumnya kista ini bersifat jinak. Namun, beberapa bisa menjadi sangat besar sehingga tampak seperti orang hamil. Kista ini panjangnya kurang dari lima sentimeter, hingga 18 persen wanita akan didiagnosa memiliki kista ini dan sebagian kecil dari mereka akan didiagnosis menderita kanker ovarium.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama