Bikin Nggak Pede, Cegah Komedo dengan Cara Ini

By February 21, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.

Komedo pada umumnya muncul karena kotoran yang terjebak di pori-pori kulit. Hal ini mungkin terjadi apabila kamu termasuk orang yang jarang membersihkan muka, terutama setelah menggunakan make up.

Untuk mencegah timbulnya komedo yang bikin kamu gak pede,  berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan: 

Membersihkan wajah secara teratur

Membersihkan wajah secara teratur dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran pada wajah. Hal ini akan mencegah timbulnya komedo karena tersumbatnya pori-pori. Sebelum tidur jangan lupa untuk selalu menghapus make up yang kamu gunakan ya, agar tidak ada kotoran yang menjadi penyebab timbulnya komedo. 

Pilih Produk  Non-Comedogenic

Dalam memilih produk kecantikan kamu harus memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Jangan sampai produk yang kamu gunakan justru menjadi penyebab munculnya komedo. Dalam hal ini kamu dapat memilih produk dengan label anti alergi dan non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori dan tidak mengiritasi kulit.  

Eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi kulit secara teratur akan membantu mengangkat kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab timbulnya komedo. Scrub wajah maksimal seminggu dua kali, lakukan dengan lembut agar tidak mengiritasi kulit. 

Pilih Makanan Sehat Hindari Junk food

Nggak hanya membuat kulit berminyak dan berjerawat saja, junkfood juga bisa lho menyebabkan munculnya komedo pada wajah. Tingginya produksi minyak pada kulit akan mengakibatkan wajah menjadi lengket dan kotoran semakin mudah untuk menempel. Hindari makan junk food, dan perbanyak makan sayur ya, agar kulitmu semakin sehat. 

Jangan Sentuh Wajah Saat Kotor

Ketika wajahmu sedang berkomedo jangan sentuh wajah dengan tangan yang kotor. Hal tersebut akan menyebabkan berpindahnya bakteri yang berada di tangan ke wajah. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum kamu menyentuh wajah. Hal ini akan mencegah berpindahnya komedo dari tangan ke wajah.  

 

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama