Pori-pori Wajah Besar Bikin Kurang PeDe, Ikuti 5 Perawatan Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Wanita mana yang menolak kulitnya bisa mulus dan tampak bercahaya? Setiap wanita tentu mendambakan kulit sehat dan mulus. Akan tetapi, salah satu masalah yang kerap menjadi masalah adalah pori -pori kulit tampak besar dan membuat wajah terlihat berminyak.

Pori-pori kulit yang besar juga mudah diserang kuman atau bakteri yang menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, biasanya mereka yang memiliki pori-pori kulit besar harus lebih ekstra merawat kulit wajah. Terutama setelah menggunakan make up atau selepas ke luar rumah dan terkena debu atau polusi.

Menurut para ahli dermatologi, pori-pori wajah yang besar sebenarnya masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Dampaknya, dengan menggunakan beberapa perawatan berikut, wajah akan terlihat lebih cantik dan pori-pori wajah mengecil. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

1. Rajin membersihkan wajah

Bila kamu berada di udara terbuka atau di luar ruangan, dan wajah lebih mudah mengeluarkan minyak berlebih, selalu sediakan face paper. Kertas khusus wajah ini akan membantu menyerap minyak di wajah yang berlebih agar wajah tidak terlihat mengkilap atau kusam.

Sangat penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan wajah karena keringat akan sangat mudah memicu munculnya jerawat karena terkena bakteri atau kuman dan debu.

Setelah bepergian, bersihkan sisa-sisa make up dengan sempurna dan pakailah sabun cuci muka yang berformula ringan untuk membantu membersihkan wajah secara maksimal.

Meski kondisi sedang lelah usai beraktivitas, sempatkan sejenak untuk membersihkan wajah. Bisa dengan micellar water, atau sabun cuci muka agar pori-pori kulit tidak tersumbat kotoran.

2. Jangan terlalu sering menggunakan stiker pengangkat komedo

Pemilik kulit wajah berpori-pori besar biasanya juga sangat mudah muncul komedo pada area T atau hidung. Bila kamu menggunakan strip pori atau stiker untuk mengangkat komedo, perhatikan cara penggunaan dan jangan terlalu sering.

Pasalnya, dikhawatirkan penggunaan strip pori yang berlebihan bisa membuat kulit teriritasi dan makin memperparah kondisi pori-pori. Cukup manfaatkan saja 1 sendok teh baking soda yang dicampur secangkir air hangat untuk membasuh muka dan mengangkat komedo yang membandel.

3. Gunakan tabir surya

Dari hari ke hari, efek paparan sinar matahari bagi kulit sangat mengganggu kelembapan kulit dan memperbesar ukuran pori-pori kulit. Terlebih jika kamu sering berada di luar ruangan atau bekerja di bawah sinar matahari langsung. Gunakan tabir surya dengan kadar lebih dari 50 SPF agar tak perlu khawatir terkena efek sinar matahari selama beberapa jam di luar ruangan. SPF membantu kamu untuk menangkal paparan sinar UV B selama beberapa jam. Sedangkan, PA+++ membantu menangkal UV A. Pilih jenis tabir surya yang mengandung pelembap sekaligus pencerah kulit.

4. Jangan memecahkan jerawat

Jerawat yang sudah membesar mungkin membuat kamu tergoda untuk memecahkannya sekalian. Namun, saat menyentuhnya jerawat rasanya semakin nyeri dan meradang. Kebiasaan memencet atau memecahkan jerawat ternyata bisa berimbas pada ukuran pori-pori kulit yang bisa semakin membesar.

5. Pilih kosmetik yang tepat

Untuk pori-pori kulit yang besar sebaiknya jangan menggunakan make up terlalu tebal. Pilih bedak tabur atau loose powder ketimbang two way cake yang terkesan menempel dan menutup pori-pori. Bukannya terlihat mulus, wajah akan semakin berminyak dan tampak mengkilap. Samarkan pori-pori wajah yang besar dengan foundation berupa serbuk atau BB Cushion agar wajah terlihat lebih cerah dan halus.

Leave a Comment