Atasi Bercak Putih di Wajah dengan Khasiat Lengkuas

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: Healthline )

Muslimahdaily - Bercak berwarna putih yang terdapat pada permukaan wajah benar - benar membuat kepercayaan diri seorang wanita menurun. Penyebab umumnya adalah jamur. Ciri-ciri bercak putih pada kulit dan kadang disertai rasa nyeri atau gatal ini akan semakin parah ketika wajah sedang berkeringat atau mungkin terpapar sinar matahari, debu dan berada di luar ruangan dalam waktu lama.

Meski tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun tetap saja bercak putih di wajah harus segera diatasi.

Bahkan, dalam beberapa kasus, seiring bertambah waktu bercak-bercak putih ini bisa melebar ke bagian muka lainnya dan seluruh tubuh. Jangan biarkan hal ini terjadi ya. Yuk, intip perawatan alami mengatasi bercak putih di wajah memanfaatkan khasiat lengkuas berikut:

1. Komposisi senyawa lengkuas

Lengkuas memiliki berbagai kandungan mineral yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Di antaranya seperti flavonoid, fitonutrien, vitamin C, sodium dan masih banyak lagi.

Menurut para peneliti dari Korea, menyebutkan jika kandungan senyawa dalam lengkuas tersebut bisa mencegah produksi oksidanitar dan lipopolisakarida. Kedua zat tersebut merupakan pemicu tumbuhnya bercak-bercak putih di kulit.

2. Cara menggunakan

Berikut langkah-langkah perawatan kulit menggunakan lengkuas:

a. Bersihkan lengkuas, kemudian dipotong-potong.

b. Ambil potongan lengkuas dan usapkan pada bagian area kulit yang muncul bercak selama 3 menit.

c. Atau Anda bisa menumbuk halus lengkuas, lalu tempelkan ke bagian kulit yang terdapat bercak

d. Biarkan selama 30 menit

e. Lakukan perawatan ini secara rutin, 2 x sehari (pagi dan malam)

f. Kandungan flavonoid, kuersetin dan amilum dalam lengkuas, ampuh menangkal jamur penyebab muncul bercak putih di wajah.

Langkah – langkah alternatif melakukan perawatan dengan lengkuas:

a. Ambil lengkuas sebesar 2 ruas jari

b. Haluskan dan tambahkan 1 sendok teh garam

c. Oleskan pada bagian area kulit yang terdapat bercak putih

d. Biarkan selama 15 – 30 menit.

e. Basuh wajah dengan air hangat.

3. Tips mencegah munculnya bercak putih di wajah

Agar mencegah bercak putih di wajah muncul kembali selama perawatan, lebih baik ketahui beberapa hal berikut:

a. Gunakan tabir surya kadar lebih dari 50 SPF

Kulit yang sering terpapar sinar matahari mudah mengalami gangguan kesehatan kulit seperti bercak putih. Selain itu, sinar matahari juga membuat kulit kering, bersisik dan bahkan mengelupas. Hindari berbagai masalah kulit tersebut dengan menggunakan sunblock atau tabir surya yang mengandung lebih dari 50 SPF. Jangan ragu untuk membeli dan berinvestasi tabir surya 50 SPF demi kesehatan kulit jangka panjang.

b. Konsumsi vitamin E dan B1

Merawat kecantikan kulit tidak hanya dari luar, tetapi juga bisa dari dalam tubuh dengan mengonsumsi nutrisi yang baik bagi kulit. Seperti vitamin E dan B1. Makanan yang mengandung vitamin E di antaranya seperti buah kiwi dan rumput laut. Sedangkan, yang mengandung B1 atau niasin umumnya terdapat pada kacang – kacangan seperti kacang hijau, kacang almond, dan lainnya.

c. Gunakan topi dan masker

Manfaatkan juga perlindungan dari masker dan topi untuk menutupi area wajah dari polusi, debu dan paparan sinar matahari secara langsung yang berdampak negatif pada kulit. Termasuk bisa menimbulkan bercak – bercak putih di kulit.

d. Membasuh muka

Mengatasi kotoran dan debu pada kulit wajah, gunakan sabun cuci muka yang berformula ringan dan tidak terlalu keras yang bisa membuat kulit wajah kering atau bersisik. Lebih baik, pilih formula wajah yang mengandung bahan alami seperti susu, atau beras agar kulit wajah tampak mulus dan bercahaya.

Jika bercak putih pada wajah semakin meluas atau parah, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Silakan dicoba tips – tipsnya ya..

Leave a Comment