Tak Perlu Minum Kopi, 4 Cara Ini Tingkatkan Energi Tubuh

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tubuh yang lelah bisa menghambat produktivitas seseorang. Banyak orang menjadikan kopi sebagai senjata ampuh untuk mengusir kantuk dan membangkitkan energi. Memang, kandungan kafein dalam kopi akan merangsang aktivitas pada sistem saraf pusat sehingga tubuh akan merasa lebih bertenaga untuk sementara waktu. Namun, di sisi lain, terlalu banyak mengonsumsi kopi justru akan berdampak buruk pada kesehatan.

Bagi kamu yang ingin mengurangi asupan kopi, atau tidak suka mengonsumsi kopi, berikut beberapa alternatif cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan energi pada tubuh melansir dari HelloSehat:

Makan Permen Karet

Permen karet dapat membantu membangun kembali energi yang hilang. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung. Artinya, semakin banyak darah kaya oksigen yang mengalir ke otak. Selain itu, rasa permen karet terutama rasa mint memberikan rasa dingin pada mulut sehingga merangsang sistem syaraf jadi lebih waspada. Untuk menghindari rasa kantuk kamu bisa nih konsumsi permen karet!

Tidur Siang Sebentar

Untuk membangkitkan energi, tidur siang dapat menjadi pilihan yang tepat. Tidur siang akan membantu tubuh meregenerasi sel-sel sehingga tubuh yang semula lemas akan kembali bugar. Akan tetapi tidur siang yang paling efektif adalah 20-40 menit saja. Tidur terlalu lama justru akan membuatmu pusing dan lebih mengantuk.

Pijat Telinga

Memijat telinga adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat tubuh kembali bersemangat. Dalam teknik refleksiologi, memijat telinga dapat mengalirkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya, tekan bagian tepi luar telinga dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan pijatan selama 10 sampai 30 detik, setiap tubuh terasa lemas.

Cuci Muka dengan Air Dingin

Air dingin yang mengenai wajah bisa merangsang pernapasan dalam sehingga tingkat oksigen di dalam tubuh jadi meningkat. Sama seperti sensasi mint pada permen karet, cuci muka dapat menyegarkan dan meningkatkan kewaspadaan. Tak hanya sekedar cuci muka kamu juga bisa lho sekalian berwudhu. Dalam Islam kita dianjurkan untuk berwudhu saat tubuh mulai terasa mengantuk.

Leave a Comment