6 Tips Mengatasi Cemas Akibat Virus Corona

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Virus corona sedang menjadi topik hangat di seluruh dunia. Banyak orang yang merasa khawatir saat virus mulai masuk ke negaranya. Pasalnya, kabar yang meluas menyatakan bahwa korban virus corona semakin bertambah.

Akibatnya, orang-orang mulai berlomba-lomba menjaga diri dan anggota keluarga agar tak tertular. Sebagian dari mereka bahkan dengan tidak sengaja melakukan ‘panic buying’.

Jika selama ini kamu merasa khawatir yang berlebih dan selalu bertanya-tanya ‘apakah aku dan keluargaku benar-benar aman?’, mulai sekarang coba tenangkan dirimu sejenak.

Karena pada akhirnya kekhawatiran yang berlebih menjadi tidak efektif sebagai pencegah virus, justru mungkin malah memperburuk suasana.

Berikut 5 petunjuk sederhana untuk menguragi kecemasan akan wabah corona dari Suzanne Degges-White, PhD, seorang konselor dikutip dari Psychology Today:

1.Batasi paparan terhadap berita

Membaca berita terkini memang penting, agar kita tak buta dengan kejadian yang ada di sekitar. Namun terkadang jika berlebihan justru akan membuat kita semakin panik. Menonton berita selama berjam-jam cenderung akan memperbesar persepsimu tentang ancaman yang sebenarnya mungkin tidak sebesar itu.

Ikuti perkembangan terkini tentang situasi, peringatan, tindakan pencegahan, atau karantina yang berlaku, tetapi jangan terpengaruh ke dalam ketakutan negatif yang membuat beberapa laporan berita berkembang biak.

2.Ceritakan ketakutanmu pada orang terdekat

Saat sedang berusaha mengelola kecemasan, kamu mungkin akan sulit untuk melangkah keluar dari perspektifmu sendiri. Berbicara pada orang lain mampu menjadi solusi untuk mengendalikan emosimu, ceritakanlah pada orang terdekat atau yang kamu percaya agar mereka bisa membantu menormalkan kecemasanmu. Dengan begitu, kamu juga bisa mencari solusi bersama tentang apa yang harus dilakukan.

3.Fokus pada apa yang sedang dilakukan

Corona memang benar-benar menyita perhatian banyak orang. Tapi satu yang perlu diingat, jangan terlalu tenggelam dalam berita tersebut. kamu harus tetap mempertahankan fokusmu pada apa yang sedang kamu lakukan saat ini dan yang akan dilakukan esok hari.

Ketika terlalu banyak memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi, pada akhirnya malah akan merusak efektifitas kerjamu di masa sekarang. Jadi, jangan lupakan kehidupanmu!

4.Kendalikan ketakutanmu

Pencegahan memang perlu, tapi kamu tak perlu berlebihan untuk melakukannya. Akhir-akhir ini ketika berita corona masuk ke Indonesia, beberapa orang berbondong-bondong belanja ke supermarket dengan jumlah yang begitu banyak. Hampir tak wajar dilihatnya, mereka belanja karena rasa panik yang berlebih.

Untuk itu kamu tak perlu melakukannya. Belilah saja secukupnya untuk beberapa hari, kendalikan ketakutanmu, jangan malah membangkitkannya. Pastikan kamu sudah memiliki persediaan obat-obatan, seperti penghilang rasa sakit, obat batuk, obat pilek dan sinus, dan yang sekiranya dibutuhkan.

5.Ikuti petunjuk perlindungan kesehatan dan pencegahan

Jangan lupa untuk mencuci tangan secara teratur terutama setelah memegang benda di tempat umum, tidak memegang wajah dengan tangan kotor, memakai masker jika kamu sedang dalam keadaan yang tidak sehat atau berada di kerumunan orang banyak serta petunjuk perlindungan kesehatan lainnya.

6.Mengontrol saudara yang sudah tua

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang sudah tua namun tinggal jauh darimu, maka lakukanlah controlling dari jarak jauh, terutama ketika mereka sudah menunjukan beberapa gejala penyakit. Kirimkan pesan singkat atau telfon untuk memberikan dukungan emosional padanya.

Terakhir, tetap tenang dan waspada ya sahabat muslimah. Waspada boleh, tetapi jangan panik. Karena panik justru akan memunculkan kecemasan yang berlebih. Stay health!

Leave a Comment