Sabun atau Handsanitizer, Mana yang Lebih Ampuh Basmi Bakteri?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Mencuci tangan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mencegah diri tertular dari berbagai penyakit. Tangan adalah perantara bagi bakteri dan kotoran untuk masuk ke tubuh, baik melalui mulut atau bagian tubuh lain yang disentuh oleh tangan.

Banyak orang salah kaprah dalam mencuci tangan. Mereka mengira cuci tangan hanya sekedar membasahi tangan dengan air mengalir saja. Padahal itu saja belum cukup. Kamu juga harus menggosokkan sela jari, telapak tangan, sampai ujung kuku dengan selama 20 detik.

Selain menggunakan sabun, banyak orang menggunakan handsanitizer sebagai pengganti cuci tangan dengan air. Kira-kira ampuh tidak ya cuci tangan hanya menggunakan hand sanitizer? Melansir dari hello sehat, ada beberapa perbandingan mencuci tangan yang ampuh untuk membasmi bakteri. Yuk simak:

Cuci Tangan dengan Air Mengalir

Sebagian besar orang lebih sering mencuci tangan menggunakan air mengalir saja. Hal ini biasanya terjadi saat sedang buru-buru atau dalam keadaan tidak ada sabun. Banyak juga orang yang malas, menganggap cuci tangan dengan air mengajalir saja sudah cukup membasmi bakteri.

Perlu diketahui, bahwa air mengalir memang bisa membersihkan kuman yang menempel pada tangan. Akan tetapi, hanya sebagian saja. Jika kamu tidak menggosokkan jari dengan benar saat mencuci tangan, kuman yang menempel erat pada jari dan kuku tidak ikut terbawa. Jadi, masih ada kemungkinan bakteri menempel di tanganmu.

Cuci Tangan Pakai Sabun Biasa

Sabun yang biasa kita gunakan dirancang untuk mengurangi tegangan permukaan air sehingga kotoran yang ada dipermukaan kulit dapat lebih mudah dibersihkan. Namun, kebanyakan sabun di formulasikan hanya untuk menghilangkan bau pada tangan saja. Belum tentu efektif untuk membunuh bakteri.

Kandungan parfum pada sabun pun juga dapat membuat kulit menjadi kering, sehingga bagi yang memiliki kulit kering sangat tidak sarankan untuk menggunakan sabun yang mengandung parfum.

Sabun Anti Bakteri

Sabun anti bakteri adalah sabun yang mengandung tambahan anti mikroba seperti alkohol, benzalkonium klorida, dan bahan anti bakteri lainnya. Produk pembersih ini sering digunakan di rumah sakit atau klinik karena dianggap paling ampuh untuk membasmi bakteri.

Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer

Ketika dalam kondisi tidak ada air dan sabun kamu bisa menggantinya dengan cuci tangan menggunakan hand sanitizer. Akan tetapi kandungan hand sanitizer tidak dapat membersihkan minyak atau kotoran lainnya yang menempel pada tangan seperti mencuci dengan air. Sayangnya, tidak semua jenis kuman dapat dibasmi dengan menggunakan hand sanitizer. Untuk hasil yang lebih ampuh, kamu bisa menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol sekitar 60 persen.

 

Leave a Comment