5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencoba Skin Care Baru

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Banyak produk kecantikan wajah yang beredar di pasaran membuat para wanita tergiur untuk mencobanya. Apalagi jika produk skin care yang sedang dipakai tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Beralih pada skin care baru diharapkan akan membuahkan hasil yang lebih maksimal. Tentu setiap wanita mendambakan produk yang bisa membuat kulitnya terlihat sehat dan bercahaya.

Hal ini boleh saja dilakukan. Namun, kita perlu mengevaluasi penggunaan skin care setiap enam bulan sekali. JIka produk tidak memberikan perubahan apa-apa pada kulit, kamu boleh saja menggantinya. Akan tetapi, sebelum beralih kepada suatu produk yang baru ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal dibawah ini biar kamu gak nyesel:

Cocok Buat dia Belum Tentu Cocok Buat Kamu

Ini adalah salah satu permasalahan banyak wanita. Ketika melihat temannya cocok menggunakan suatu produk, maka dia ikut-ikutan untuk mencoba produk skin care tersebut. Padahal, cocok buat dia belum tentu cocok buat kamu. Sebelum mencoba skin care baru kamu harus pastikan bahwa temanmu itu punya jenis kulit yang sama dengan kamu. Jika tidak, ini akan menimbulkan masalah baru pada kulitmu. Biasakan untuk membaca review sebelum membeli suatu produk. So, jangan ikut-ikutan ya!

Ketahui Jenis Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Mulai dari kering, berminyak, berjerawat hingga sensitif. Kondisi kulit yang berbeda-beda ini tentunya harus mendapatkan perawatan yang berbeda pula. Apabila kulit mendapatkan perawatan yang salah justru akan memperparah kondisi kulit. Untuk mengetahui kondisi kulitmu, kamu bisa melakukan skin check di outlet-outlet kecantikan yang menyediakan.

Setelah mengetahui jenis kulitmu, barulah pilih jenis skin care yang memang di khususkan untuk kebutuhan kulitmu. Jangan sampai salah pakai skin care ya sahabat muslimah!

Tambahkan Satu Produk Dulu Dalam Rangkaian Perawatan

Ketika membeli satu set skin care baru, jangan langsung mencoba seluruhnya dalam waktu yang bersamaan. Gunakanlah satu per satu. Ini untuk mengetahui dengan pasti apakah produk tersebut benar-benar bisa bekerja dengan baik di kulit kita atau hanya akan merusak kulit. Jadi ketika terjadi reaksi negatif pada kulit kamu bisa langsung mengetahui produk mana yang menyebabkan kulitmu jadi bermasalah.

Coba Pada Bagian LaIn Dulu, Jangan Langsung ke Wajah

Sebelum menempelkan skin care pada wajahmu, ada baiknya coba terlebih dahulu ke bagian tubuh yang lain. Seperti pada pergelangan tangan atau leher. Hal ini bertujuan untuk mengetes apakah produk ini cocok untuk kulitmu. Apabila timbul rasa gatal, kemerahan, atau panas jangan gunakan produk tersebut. Ini bisa jadi merupakan sebuah pertanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan produk tersebut. Jika tidak terjadi keluhan apa-apa, barulah kamu bisa mencobanya di wajahmu.

Cermati Kandungan yang Bisa Bertabrakan

Sebelum membeli dan mencoba produk baru. Ada baiknya kamu mencari tahu dulu apa saja kandungan yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa kandungan pada skin care yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Contohnya, produk yang mengandung vitamin C tidak boleh digabungkan pemakaiannya dengan produk yang mengandung AHA. Vitamin C diformulasikan dengan kadar pH yang rendah. Apabila zat ini dikombinasikan dengan AHA kadar pH pada vitamin C akan berubah, sehingga efeknya terhadap kulit pun akan berkurang.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment