5 Gerakan Home Workout Sederhana Agar Tubuh Tetap Sehat

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sudah terbiasa olahraga di studio workout namun terhambat akibat virus corona? Atau badan jadi pegal-pegal karena kurang bergerak?

Meradangmnya virus corona nggak boleh jadi alasan kamu untuk malam berolahraga. Justru di saat seperti ini, penting untuk kita menjaga kesehatan salah satunya dengan berolahraga.

Tanpa harus ke luar rumah dan alat olahraga, kamu bisa lakukan 5 gerakan olahraga ringan untuk #homeworkout berikut ini. Yuk simak!

1. Streching

Sebelum melakukan dengan gerakan-gerakan kompleks, mulainya dengan stretching. Lakukan peregangan sampai otot-otot terasa lebih lentur.

2. Jumping jack

Jumping jack salah satu gerakan olahraga yang paling mudah. Gerakan ini akan membatu meningkatkan stamina tubuh.

Caranya: Posisikan diri kamu seperti berdiri dengan dua tangan di samping. Lompat dengan dibarengi mengangkat kedua lengan ke atas dan melebarkan kaki secukupnya. Lakukan selama 4x8 set.

3. Squat

Gerakan squat mampu mengecilkan lingkar paha serta mengencangkan otot paha, lengan dan perut. Jika dilakukan dengan benar, squat juga bermanfaat untuk mengecilkan bokong, lho.

Caranya: Buka kedua kaki setara dengan lebar bahu. Naik dan turunkan badan dengan mendorong pinggul ke ke belakang sambil menekuk lutut. Kamu dapat memilih untuk meluruskan tangan atau menautkan jari-jari tangan di belakan kepala. Lakukan 4x8 set.

4. Push up

Nah kalau gerakan ini pasti sudah sangat umum. Walau demikian, masih banyak yang salah dalam mempraktikannya. Jika dilakukan dengan benar lemak-lemak di lengan dapat hilang. Selain itu, otot lengan, bahu, dan abdomen akan terasa lebih kencang.

Caranya: Posisikan diri seperti tengkurap. Posisikan tangan di alas, sejajar dengan bahu. Dorong badan ke atas dengan kekuatan tangan, sementara posisi kaki dan badan tetap lurus. Lakukan selama 2x8 set.

5. Plank

Walau terkesan mudah, plank sebenarnya cukup sulit dilakukan bila kamu belum terbiasa. Gerakan ini berguna untuk melatih otot inti.

Caranya: Posisikan perut menghadap ke lantai. Pastikan lengan tetap lurus dengan meletakkanya di bawah sejajar dengan bahu. Turunkan lengan dengan sudut 90 derajat dengan ujung siku berada di bawah. Tahan posisi ini selama 4x8 set.

6. Lari di tempat

Gerakan ini sangat sederhana tanpa perlu melakukan alat apapun. Walau demikian, gerakan ini dapat menyempurnakan olahraga singkat kamu.

Caranya: Lakukan gerakan seperi berlari dengan mengangkat kaki ke atas sebesar 90 derajat secara bergantian. Lakukan selama 4x8 set.

Nah itu dia beberapa gerakan #homeworkout yang dapat kamu lakukan di rumah. Jika terbiasa dengan gerakan-gerakan yang lebih komplek, kamu bisa mencoba workout dengan streaming melalui Instagram live atau Youtube. Selamat mencoba!

Leave a Comment