4 Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Sering Mencuci Tangan

By March 22, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Semenjak merebakya cirus COVID-19 di Wuhan, China, World Health Organization (WHO) mengimbau masyarakat dunia untuk sering mencuci tangan. Sejatinya mencuci tangan memang dianjurkan untuk mencegah diri kita tadi terserang penyakit.

“Baik karena pandemik corona atau hal lain, mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan sebuah infeksi,” kata Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington kepada Healthline.

Namun, di balik kita yang mencuci tangan lebih sering daripada biasanya, akan muncul efek buruk, salah satunya adalah kulit kering. Oleh karena itu, Muslimahdaily bagikan tips agar menjaga kulit kamu tetap sehat. Yuk simak!

1. Gunakan air hangat

Sebelumnya, muncul anjuran untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Berbagai tips muncul salah satunya menyanyikan lagu “Happy Birthday” selama dua kali sambil mencuci tangan. Durasi ini memang sudah baik dan benar.

Untuk mencegah kulit agar tidak kering, kamu bisa gunakan air hangat. Air hangat yang dimaksud bukanlah air panas. Menurut para ahli, air panas malah akan menghilangkan kandungan minyak yang dibutuhkan kulit.

“Justru air panas akan membuat kulit kamu semakin kering,” kata Daniela Kroshinsku, direktur Dermatologi Anak dan Rawat Inap di Massachusetts General Hospital dilansir dari Healthline.

2. Gunakan sabun pelembab

Tak sedikit lho sabun yang penyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Hal ini biasakan dikarenakan ada kandungan tertentu pada sabun. Kandungan yang harus diperhatikan di antaranya gliserin dan lanolin.

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa menggunakan sabun pemembab. Lalu, hindari menggunakan sabun batang. Terkahir, jangan terlalu agresif saat mencuci tangan karena hal tersebut dapat merusak lapisan luar kulit.

3. Gunakan pelembab

Air bersifat seperti magnet, ia akan menarik air dari lapisan terdalam kulit dan menguapkannya ke udara sehingga tangan menjadi lebih kering. Untuk mencegah hal tersebut, gunakanlah pelembab. Pilihlah pelembab seperti hand cream daripada lotion karena mengandung lebih banyak air. Gunakan pelembab setelah mencuci tangan, sebelum tidur, atau kapanpun kamu merasa kulit kamu kering.

4. Gunakan hand sanitizer sebagai pilihan terakhir

Jika kamu merasa tangan kamu sudah terlalu kering dan pecah-pecah, maka kamu dapat menggunakan hand sanitizer untuk sementara waktu. Harus diperhatikan, bahwa sebaiknya tidak menggunakan hand sanitizer sebelum makan, sebelum atau sesudah dari kamar mandi, ketika tangan kotor.

Nah itu dia 4 tips untuk mencegah kulit kering akibat terlalu sering mencuci tangan. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama