7 Bahan Alami Masker Rambut yang Patut Kamu Coba

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sama halnya dengan penggunaan pada wajah, masker rambut berguna untuk menutrisi dan menyehatkan rambut. Masker rambut juga jadi penyempurna perawatan rambut kamu setelah sampo dan kondisioner.

Masker rambut memiliki beragam manfaat tergantung pada bahan dan jenis rambut. pada umumnya, masker rambut berguna untuk membuat rambut berkilau, menambah kelembapan rambut, mengurangi kerusakan rambut, melembutkan rambut, mengatasi kerontokan, membantu merawat rambut yang diwarnai, dan membuat rambut mudah di atur.

Kini, sudah banyak produk masker rambut yang dijual di pasar. Namun, banyak juga bahan alami yang dapat dijadikan bahan masker rambut. Selain lebih murah, bahan alami mengurangi kontak rambut dengan bahan kimia. Jadi nggak ada salahnya mencoba masker rambut yang terbuat dari bahan alami, kan?

Berikut adalah beberapa bahan alami untuk masker rambut yang Muslimahdaily rangkum dari laman Healthline.

Pisang

Selain rasanya yang enak, ternyata pisang juga bermanfaat untuk rambut lho. Masker rambut yang terbuat dari pisang dapat mengurangi rambut kusut. Silika yang terdapat pada pisang juga dapat membuat rambut kamu lebih berkilau.

Menurut studi tahun 2011, pisang juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi kekeringan dan ketombe pada rambut.

Telur

Telur mengandung vitamin A, E, biotin, dan folat. Kandungan tersebut membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Sementara protein dalam telur membantu memperkuat akar rambut sehingga tak mudah rontok.

Minyak alpukat

Kandungan asam folat, zat besi, dan magnesium yang terdapat pada minyak alpukat dapat membantu menutup kutikula rambut. Hal tersebut menghindari rambut dari kerusakan.

Madu

Madu memang terkenal akan beragam khasiat. Selain untuk dikonsumsi, ternyata madu juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, lho.

Madu dianggap sebagai humektan yang artinya dapat melelmbabkan. Bahan ini juga dipercaya dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Selain itu, madu juga dapat membantu menguatkan folikel rambut.

Minyak kelapa

Molekul minyak kelapa dapat menembus batang rambut lebih dalam. Kandungan dalam minyak kelapa dapat mengurangi kekeringan dan kusut pada rambut. Penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan protein pada rambut.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung squalene yang sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun squalence menurun seiring bertambahnya usia. Squalane membantu melembabkan rambut dan kulit kepala.

Lidah buaya

Tak bisa dipungkiri lagi, aloe vera memang sangat bermanfaat untuk rambut. Aloe vera mengandung vitamin C, E, dan B-12, asam folat, dan kolin yang dapat membantu memperkuat dan menutrisi rambut.

Leave a Comment