Kenali Beragam Acne Patch Sesuai Jenis Jerawat

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ada banyak cara untuk mengatasi masalah jerawat, mulai dari rutin menggunakan masker hingga krim khusus jerawat. Namun, masih ada satu cara yang belum banyak dilakukan orang untuk menghilangkan jerawat, yaitu menggunakan acne patch.

Acne patch atau patch jerawat merupakan stiker bening yang ditempelkan pada permukaan wajah yang terdapat jerawat. Selain dapat menyembuhkan kulit yang sedang meradang, biasanya orang menggunakan patch agar dapat menutupi jerawat.

Ada beberapa jenis acne patch tergantung dari jenis jerawat yang akan diatasi. Saat kamu menggunakan acne patch yang tepat, kamu akan mendapat hasil maksimal. Sebelum memutuskan untuk menggunakan acne patch, ada baiknya untuk mengenali jenis-jenis tersebut. Berikut ini rangkuman Muslimahdaily mengenai jenis acne patch sesuai tipe jerawatnya dilansir dari Heaalthline.

Jerawat Aktif

Jerawat aktif seperti papula, pustula, nodula, dan cyst sebaikan menggunakan jenis acne patch medicated yang mengadung obat. Kandungan bahan aktif di dalamnya dapat mengobati jerawat dan meredakan peradangan. Biasanya patch medicated ini mengandung tea tree oil dan asam salisilat yang mampu mencegah inflamasi dan menenagkan jerawat yang meradang.

Patch ini membantu mengurangi benjolan, rasa nyeri, dan kemerahan akibat jerawat seperti papula. Sementara untuk jerawat nodula dan cyst, patch ini dapat mengruangi ukuran lesi.

Rekomendasi patch medicated:

Peter Thomas Roth Acne-Clear Invisible Dots

Innisfree Bija Anti-Trouble Spot

A’pieu Nanco Tea Tree Spot Patch Set

Jerawat Kering

Patch non-medicated atau patch yang tidak mengandung obat ini cocok untuk jenis jerawat kering seperti komedo. Walau demikian, patch ini mengandung hidrokoloid, yaitu bahan yang biasa digunakan untuk mengatasi luka pasca-operasi. Hidrokoloid dapat menyerap cairan berlebih seperti sebum sehingga jerawat lebih cepat kering dan tidak meninggalkan luka. Kandungan hidrokoloid juga umumnya digunakan sebagai obat bisul.

Biasanya patch non-medicated lebih tipis dibandingkan patch medicated. Oleh karena itu, patch ini lebih cocok digunakan jika harus berkativitas di luar rumah karena tidak menggangu penampilan.

Rekomendasi patch non-medicated

COSRX Acne Bemish Cover

Nexcare Acne Blemish Cover

Hero Mighty Patch

Jerawat Cyst dan Nodula

Jenis acne patch yang lebih tepat digunakan untuk jerawat nodula dan cyst dalah patch microneedle. Pada patch ini terdapat jarum yang sangat halus yang dapat membantu mengobati jerawat nodula dan cyst. Patch ini dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam.

Rekomendasi patch microneedle

Acropass by Soko Glam

boH Derma Shot Micro Solution

A’pieu Madecassoside Needle Spot Patch

Cara menggunakan acne patch

Memilih patch yang tepat belum tentu dapat mengatasi jerawat apabila tidak digunakan dengan benar. Berikut cara menggunakan acne patch yang benar.

1. Pastikan wajah dan tangan bersih sebelum menggunakan acne patch.

2. Pilih ukuran patch yang cocok sehingga dapat menutupi jerawat seluruhnya.

3. Tempelkan acne patch non-medicated dan microneedle pada urutan pertama tahapan skincare, sementara acne patch medicated dapat ditempelkan sebelum menggunakan pelembab.

4. Biarkan selama 24 jam atau sampai acne patch berubah menjadi buram.

Leave a Comment