Menangkal Corona, Berikut 8 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Di tengah pandemik corona seperti ini, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesahatan. Selain melakukan anjuran agar sering mencuci tangan, ada baiknya kita juga memperhatikan kekebalan tubuh. Hal ini dilakukan agar apabila virus corona hendak menyerang, tubuh akan cukup mampu melawan karena memiliki kekebalan tubuh yang cukup.

Tak hanya dengan melakukan olahraga rutin, meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Dilansir dari Healthline, berikut 15 makanan yang dapat menambah sistem imun tubuh kamu.

1. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin A, c, dan E, serta antioksidan dan serat yang dapat memperkat imun tubuh. Agar tidak kehilangan khasiatnya, brokoli sebaiknya dimasak tidak terlalu matang.

2. Bawang putih

Selain membuat makanan semakin gurih, ternyata bawang putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, lho. Bawang putih dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, tingkat kolestrol, memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan resiko penyakit jantung, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan bawang putih memiliki senyawa berkonsentrasi tinggi yang mengandung belerang, seperti allicin.

3. Jahe

Jahe sebenarnya sudah sering digunakan sebagai bahan obat tradisional. Tak hanya mampi meningkatkan kekebalan tubuh, rempah-rempah yang satu ini dipercaya dapat membantu mengurangi radang tenggorokan dan radang-radang lain. Selain itu jahe juga mampu mengurangi mual.

4. Bayam

Tak hanya mengandung vitamin C, bayam juga memiliki kandungan antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sama seperti brokoli, bayam sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar menjaga nutrisi di dalamnya.

5. Yogurt

Kandungan yogurt Yunani atau Greek yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu melawan berbagai penyakit. Plain yogurt atau yogurt tawar lebih baik daripada yogurt yang mengandun gula atau perasa. Agar lebih nikmat, campurkan yogurt dengan sereal atau buah-buahan.

6. Teh Hijau

Teh hijau atau teh hitam memiliki kadar epigallovatechingallate atau EGCG yang terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, teh hijau juga mampu melindungi paru-paru dari stres oksidasi karena mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

7. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C, B, kalium, dan folat yang sangat baik untuk tubuh. Buah tropis yang satu ini juga memiliki enzim yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

8. Kiwi

Tak berbeda dari papaya, Kiwi juga kaya akan nutrisi seperti folat, potasium, Vitamin C dan K. Vitamin C mampu melawan infeksi, sementara nutrisi lainnya sangat baik untuk kesehatan.

Leave a Comment