Ganggu Metabolisme, Berikut 8 Tips Mengubah Jam Tidur yang Berantakan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Masalah tidur terjadi hampir di setiap manusia. Masalah yang paling sering dialami adalah insomnia dan jam tidur berantakan. Hal ini biasanya terjadi karena pergantian shift kerja atau juga karena terlalu sering begadang.

Walau di antara kita terlihat tidak terganggu dengan masalah tersebut, namun sebenarnya masih ada masalah yang mengintai. Pasalnya, dilansir dari Detik Health, meskipun seseorang tidur dengan durasi waktu yang cukup, namun jika waktunya berantakan dapat merusak metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh merupakan proses penguraian nutrisi makanan oleh tubuh. Proses metabolisme yang optimial dibutuhkan agar tubuh mampu mengubah makanan menjadi energi sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Menurut sebuah studi, kesehatan yang optimal didapat dari jam tidur yang teratur, yang mana berarti tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Selain dapat berpengaruh pada metabolisme, jam tidur yang berantakan juga dapat menyebabkan depresi dan masalah pada jantung. Hal ini lantaran jam tidur yang berantakan akan berpengaruh pada jam internal tubuh.

Kalau kamu memiliki jam tidur yang berantakan, ini saatnya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Berikut ini Muslimahdaily rangkumkan tips untuk membentuk kebiasaan tidur yang sehat dari Psikolog Klinis, Seth J Gillihan, Ph.D.

1. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur

Jangan gunakan tempat tidur untuk menonton tv, menggunakan smartphone dan laptop, makan, bekerja, dan kegiatan lain yang mengharuskan kamu untuk tetap terjaga. Dengan membatasi kegiatan tersebut dapat melatih diri agar hanya menginginkan tidur saja ketika berada di tempat tidur.

2. Jangan tidur terlalu lama

Untuk mendukung aturan pertama, terlalu lama terjaga di tempat tidur juga sebaiknya dihindari. Sering kali kita sengaja menggunakan smartphone atau gadget dengan dalih agar segera mengantuk. Namun justru berakhir semakin terjaga dan tak kunjung mengantuk. Hal tersebut justru malah membuat frustasi dan semakin sulit untuk tidur.

Batasi waktu menggunakan gadget sebelum tidur sekitar 10 hingga 15 menit saja. Jika tak kunjung mengantuk, sebaiknya pindah ke ruangan lain dan kembali lagi ke kasur ketika merasa sudah cukup mengantuk.

3. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama

Walaupun pada malah hari kamu kesulitan tidur atau diharuskan untuk begadang, cobalah sebisa mungkin agar bangun di waktu yang sudah kamu tentukan. Pada malam selanjutnya, cobalah sebisa mungkin agar tidur tidak terlalu dini atau malam dari waktu yang sudah ditentukan. Seiring waktu, tubuh kamu akan mulai terbiasa dengan jadwal tersebut.

4. Hindari tidur di siang hari

Pada beberapa orang, tidur siang justru dapat membuat mereka terjaga dan kesulitan di malam hari. Untuk itu, sebaiknya hindari tidur siang.

5. Hindari kafein

Selain menggangu kesehatan, efek buruk kafein juga akan sangat berpengaruh pada tidur kamu. Kafein justru akan membuat kamu semakin terjaga di malam hari. Sebaiknya, hindari kafein di sore atau malam hari, terutama jika kamu sensitif terhadap efeknya.

6. Hindari melihat jam

Terlalu sering memperhatikan jam justru akan membuat kamu semakin khawatir dan akhirnya sulit tidur. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan jam pada sudut kamar yang tidak terlihat pada saat gelap.

7. Hilangkan faktor-faktor yang dapat menggagu tidur

Faktor tersebut misalnya, minum terlalu banyak sehingga membuat kamu jadi sering ke toilet, terlalu sedikit makan malam sehingga akhirnya lapar saat ingin tidur, mengonsumsi makanan yang dapat menggangu pencernaan, dan lain-lain.

8. Berusaha tidak panik

Tak sedikit dari kita yang merasa panik dan menyalahkan diri sendiri karena tidak bisa tidur. Padahal hal ini dapat meningkatkan kecemasan dan akhirnya semakin sulit tidur. Untuk itu, lakukan beberapa terapi pernafasan yang dapat membuat kamu cepat tidur. Sebagai salah satu terapi tidur dalam Islam, kamu dapat menyetel muratal Al Qur'an pada durasi tertentu sebelum tidur. 

Leave a Comment