Sunscreen Tetap Wajib Dipakai di Dalam Rumah, Ini Alasannya!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Memakai sunscreen merupakan bagian wajib dari rangkaian skincare khususnya saat kita berada di luar ruangan. Sunscreen memang ditujukan untuk melindungi kulit dari bahanya sinar matahari.

Lantas, ketika kita minim berada di luar ruangan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah seperti saat ini, apakah memakai sunscreen masih menjadi hal yang wajib?

Jawabanya, ya. Menghabiskan waktu di dalam rumah bukan alasan kita untuk meninggalkan urutan memakai produk skincare yang satu ini. Apalagi jadi alasan untuk bermalas-malasan merawat kulit. Mengapa demikian?

Pertama ada dua tipe sinar matahari yang merusak kulit, yaitu sinar UVA yang memiliki geleombang panjang dan sinar UVB yang memiliki geleombang pendek.

Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan kulit, seperti mempercepat munculnya keriput dan flek hitam akibat hiperpigmentasi hingga kanker. Sementara sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar atau sunburn.

Ketika berada di dalam ruangan, sinar UVB biasanya tidak tembus ketika melewati kaca jendela. Namun, berbeda dengan UVB, sinar UVA justru dapat menembus kaca jendala bahkan ketika cuaca mendung sekalipun.

Oleh karena itu, bahaya dari UVA dapat terasa walaupun kita berada di rumah seharian.

“Sinar UVA menyebabkan lebih banyak kekhawatiran karena paling mudah menurunkan kolagen dalam kulit,” jelas Engelman, konsultan dermatologis di Elizabeth Arden.

Untuk itu, tidak ada salahnya mengaplikasi sunscreen pada saat berada di rumah. Selain itu, memakain sunscreen secara rutin dapat menekan resiko penuaan serta kanker kulit.

Namun, ada perbedaan pada pengaplikasiaan dan jenis sunscreen ketika dipakai di dalam rumah dibandingkin di luar ruangan. Jika biasanya sunscreen diaplikasikan 15-30 menit sebelum ke luar rumah, maka ketika berada di dalam rumah, sunscreen dapat dipakai kapan saja.

Pada kemasan sunscreen biasanya terdapat tulisan SPF dan PA. Nilai SPF adalah indikasi kandungan yang melindungi kulit dari sinar UVB, sementara tanda plus setelah tulisan PA adalah kadar kandungan yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA.

Saat berada di dalam rumah, kamu cukup memperhatikan kadar PA-nya saja. Semakin tinggi tanda plus yang terdapat setelah tulisan PA maka sebaik baik dalam melindungi kulit dari sinar UVA. Tanda plus sebanyak empat menurut dermatologis berarti perlindungan yang sangat tinggi terhadap sinar UVA.

Sementara bila untuk pergi ke luar ruangan kamu butuh nilai SPF yang tinggi, ketika berada di rumah, kamu cukup menggunakan SPF dengan nilai rendah. Sebaiknya menggunakan sunscreen yang mendangung SPF minimal 15-30.

Selain itu, sunscreen juga harus diaplikasi beberapa kali agar dapat bekerja secara optimal. Sunscreen sebaiknya di-reapply setiap 2 jam sekali agar kulit tetap terlindungi dari bahaya sinar matahari.

Walaupun hanya berada di rumah, nyatanya sunscreen tetap penting untuk diaplikasikan terutama di area wajah. Karena hal ini dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan kanker kulit. Jadi, jangan lupa pakai sunscreen, ya!

Leave a Comment