Olahraga Ringan yang Bisa Redakan Nyeri Datang Bulan

Muslimahdaily - Kamu sering merasa nyeri saat datang bulan? Wajar sih sebenarnya, tetapi ada bagi sebagian orang nyeri yang dirasakan begitu hebat sehingga datang bulan pun dapat mengganggu aktivitas. Selain menghilangkan nyeri datang bulan dengan minum jamu atau minuman tradisional lainnya, banyak juga yang mengonsumsi pil pereda nyeri. Namun ternyata ada loh olahraga ringan yang bisa bantu kamu redakan si nyeri datang bulan!

Olahraga mampu membantu tubuh menyeimbangkan hormon dan membuat seluruh pembuluh darah hingga yang terkecil sekalipun untuk bisa mendapat pasokan oksigen yang cukup, sirkulasi darah pun menjadi lancar dan metabolisme tubuh membaik sehingga akan mengurangi nyeri datang bulan. Olahraga yang harus dilakukan pun tidak berat – berat, yang penting dilakukan secara teratur minimal dua kali seminggu. Mudah kan? Nah, olahraga apa saja yang bisa bantu mengatasi nyeri datang bulan?

1. Jogging

Gunakan waktu weekend kamu untuk jogging-jogging cantik di sekitaran rumah atau ikut acara car free day di setiap Minggu buat kamu yang di Jakarta. Meski kelihatannya olahraga ini biasa-biasa saja, namun jangan sepele karena rutin jogging paling tidak dua kali seminggu dengan durasi 150 – 300 menit bisa bantu kamu mengurangi nyeri saat datang bulan. Plus badan kamu akan lebih sehat loh!

2. Treadmil

Buat kamu yang waktunya terbatas boleh deh pergi ke pusat kebugaran untuk treadmill selama 30 menit atau lebih dengan kecepatan treadmill yang rendah sampai sedang. Tidak perlu terlalu dipaksakan untuk memakai speed paling wahid, tujuan olahraga adalah untuk membuat badan kamu sehat, bukan malah tersiksa.

3. Pilates

Pilates merupakan olahraga yang bertujuan melatih otot untuk membangun kekuatan tubuh secara keseluruhan. Pilates juga menggabungkan latihan pernapasan, sama seperti yoga, sehingga baik untuk menenangkan pikiran. Pilates sudah lumayan populer di Indonesia dan muslimah pun sudah banyak yang melirik olahraga yang satu ini.

4. Zumba

Zumba merupakan kombinasi fitness dan tarian. Kamu boleh coba yang satu ini tetapi jangan dilakukan setiap hari karena olahraga yang satu ini termasuk olahraga dengan intensitas tinggi. Seminggu sekali boleh deh untuk menjaga tubuh tetap sehat dan saat datang bulan datang kamu pun tak harus tersiksa dengan nyeri.

Yuk silahkan dicoba salah satu olahraga diatas! Pilih salah satu yang kamu suka agar saat melakukannya kamu bukan karena terpaksa tapi lebih karena kamu memang senang melakukannya sehingga olahraga pun tak akan terasa dan nyeri datang bulan pun tak akan lagi mengganggu. Selamat mencoba!

Leave a Comment