Masya Allah, Inilah Manfaat Madu Sesuai Anjuran Rasulullah

Echa bersama brand Sarang Madu Murni Echa bersama brand Sarang Madu Murni (muslimahdaily/A.Ghuffar Rosyidin)

Muslimahdaily - Madu menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Hal ini sudah terbukti secara ilmiah. Namun, yang terpenting adalah ternyata mengonsumsi madu sejalan dengan ajaran Islam karena terdapat di dalam Al-Quran dan juga sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad shallahu alahi wa sallam.

“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah,’buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia’.Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl ayat 68- 69).

Sudah jelas nayata dalam ayat tersebut, bahwa Allah memberikan obat untuk penyakit manusia, yaitu madu yang bermacam-macam warnanya.

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, ''Pengobatan itu terdapat dalam tiga hal: sayatan pembekam, minum madu, dan kayu dengan api. Akan tetapi, aku melarang umatku melakukan pengobatan dengan pembakaran melalui kayu.'' (HR Al-Bukhari).

Diriwayatkan juga oleh ibnu Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda, ''Berobatlah dengan dua hal: madu dan Alquran.'' (HR Ibnu Majah).

Hadis-hadis tersebut menunjukan betapa besar manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan dan berfungsi sebagai obat.

Berikut beberapa khasiat madu untuk pengobatan, dari buku Ensiklopedia Mukjizat Al-Quran dan Hadist pada bagian Kemukjizatan Penciptaan Hewan ‘Lebah’:

1. Mengobati penyakit mata

Pada tahun 1981, Dr. Mosahrankof mengkaji pengaruh lem lebah yang mengandung madu terhadap penyakit mata. Ia menegaskan bahwa madu dapat membantu menghancurkan jaringan, khususnya ketika ditemukan ada luka-luka bakar atau rasa sakit setelah terkena sengatan serangga. Ia meniru metode Athanof dalam mengobati radang bekas sengatan, luka-lukanya, iritasi pada mata dan luka kepanasan.

2. Penyakit radang persendian

Beberapa dokter, di antaranya Eekl dan Dowoeak, mengujicobakan obat gosok yang mengandung madu untuk mengobati radang persendian. Hasilnya, sebanyak 50% keadaan pasien membaik. Dr. Berkik dan Arlongik menggunakan obat gosok yang mengandung madu untuk mengobati penyakit persendian yang dialami oleh para atlet.

Setelah tiga hari, rasa sakit pada 75% atlet yang diobati berangsur hilang. Pada hari yang kelima, mereka kembali berlatih dan bertanding di lapangan.

3. Mengobati luka pencernaan

Dr. Gorpateno (1989) melakukan penelitian terhadap 126 pasien yang mengalami luka di daerah pencernaan atau usus. Pasien diberikan 50-60 tetes madu satu setengah jam sebelum makan sebanyak tiga kali sehari.

Masa penyembuhan berlangsung selama 21-28 hari. Ketika itu, sebanyak 75% keluhan pasien dapat disembuhkan. Rasa sakit itu kembali dirasakan oleh 16% pasien-pasien di atas, karena mereka setelah itu menghentikan usaha pengobatan yang dijalaninya.

4. Sariawan dalam mulut

Departemen Kedokteran Gigi Institut Kef, F. Romanoff dan teman-temannya menyatakan bahwa cairan lebah atau madu dengan kadar 2- 4% dapat digunakan untuk praktik sehari-hari pada kedokteran gigi, sebagai bahan yang dapat mengurangi rasa sakit, dalam mengobati para pasien yang terkena luka bernanah atau sariawan dalam mulut.

5. Radang tenggorokan dan kekebalan tubuh

Dr. Agard dari Denmark telah melakukan kajian terhadap 16.000 pasien yang terkena penyakit tenggorokan. Ia menemukan bahwa madu merupakan zat yang aktif dan dapat meningkatkan ketahanan tubuh pasien.

Ia menyarankan kepada para pasien untuk berkumur dengan madu yang dicairkan setelah dibersihkan 2-3 kali dalam sehari. Pasien juga disarankan untuk meminumnya sedikit menjelang tidur.

Mengutip dari Republika, Dr.Molan mengatakan bahwa madu mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi. Dengan kandungan yang demikian itu, katanya, tidak akan ada benda apa pun di alam semesta ini yang menyerupai madu dalam hal kemampuan menyembuhkan.

Terkait dengan khasiat madu tersebut, Molan mengatakan, ''Madu memiliki efek yang menakjubkan dalam mengobati penyakit akibat terbakar dan bernanah, bahkan dapat menghilangkan noda bekas terbakar.''

Masya Allah, sudah jelas semua khasiat madu untuk kesehatan. Jangan lupa untuk selalu sedia madu di rumah ya sahabat muslimah.

 

Leave a Comment