Kenali 5 Manfaat Bee Pollen yang Baik untuk Penyembuhan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Lebah merupakan salah satu hewan yang diciptakan oleh Allah dengan segala manfaatnya di bumi. Mulai dari madu, sarang, serbuk sari hingga racunnya pun memiliki manfaat bagi makhkluk Allah.

Kali ini kita akan membahas mengenai serbuk sari atau pollen yang dihasilkan oleh lebah. Serbuk ini bukan termasuk produk lebah. Hanya saja lebah mengumpulkannya untuk dimakan dan supaya nantinya menjadi apa yang disebut dengan “roti lebah.”

Makanan lebah tersebut perlu disampaikan di sini sebab peranannya yang besar dalam kehidupan lebah. Roti lebah juga memiliki peranan yang penting untuk kesehatan manusia sebagai bahan makanan dan pengobatan bernilai tinggi.

Biji-biji serbuk itu tiada lain merupakan sel-sel jantan. Dengan perantaranya, tanaman bunga tumbuh banyak. Ia berkembang di kantong-kantong serbuk bunga tanaman. Ketika kantong-kantong serbuk itu robek, maka pollen keluar darinya secara berserakan.

Angin memindahkan pollen tersebut dan tubuh serangga pada bagian atas bunga untuk proses perkawinan, hingga menghasilkan buah.

Sementara itu, lebah berperan besar dalam proses memindahkan biji-biji serbuk dan menjalankan proses perkawinan. Kandungan biji-biji serbuk itu kaya dengan kumpulan protein.

Kandungan dan spesifikasi serbuk sari (pollen)

Sudah berabad-abad tahun lamanya, para peneliti yang ahli di bidangnya menyatakan bahwa sel-sel lebah tidak bisa melakukan kerja dan aktivitasnya yang vital, kecuali apabila dilengkapi dengan serbuk sari dalam proses kinerjanya.

Sebelumnya, serbuk sari merupakan sumber makanan yang mengandung protein bagi sel. Secara umum, sumber makanan ini tidak ada gantinya.

Seorang pakar lebah, Prof. Putlerof menegaskan bahwa protein diperlukan untuk mengaktifkan setiap anggota tubuh yang hidup. Lebah mengambilnya dari serbuk sari. Setiap biji dari serbuk itu merupakan kumpulan yang rumit dari bahan makanan dan bahan terapi bernilai tinggi.

Biji ini mengandungn bahan-bahan nitrogen, yaitu peptone, glupolin, asam amino, gula, minyak, alkohol, vitamin B1, vitamin B2,B6, B12, A,D,E dan K.

Manfaat pollen untuk pengobatan:

1. Mengobati penyakit tua dan usia monopause

Berbagai penelitian dalam bidang kedokteran modern mengungkapkan bahwa serbuk sari merupakan zat biologi yang baik untuk meningkatkan stamina. Ia berkhasiat untuk mengobati kondisi yang lemah karena penyakit tua yang prematur.

Seorang akademisi bernama Stsein memprediksikan bahwa keistimewaan zat antibiotik dan penambah stamina yang dimiliki oleh madu, berasal dari serbuk sari yang terkandung di dalamnya.

2. Mengobati lemah syahwat

Prof. Osamavejeic melakukan pengobatan terhadap empat puluh pria yang menderita impoten. Mereka diberi ramuan dengan campuran biji-bijian serbuk sari dan royal jelly. Setelah kurun waktu satu bulan, fakta membuktikan bahwa 57,5% dari mereka mengalami kemajuan dalam membangkitkan syahwat seksualnya.

3. Mengobati penyakit kulit

T.Fevogradof mengumumkan kesuksesannya dalam mempraktikkan krim serbuk sari untuk mengobati [enyakit kulit. Ekstrak serbuk sari tersebut menurutnya dapat memelihara kulit karena mengandung banyak vitamin, minyak dan bahan-bahan obat yang bermacam-macam serta unsur senyawa lainnya.

4. Obat alergi

Dari Rumania, M. Galomseano dan kawan-kawan (1965) menyatakan bahwa pemberian 25 mlg serbuk sari setiap hari yang dicampur dengan ukuran yang sama, tidak akan menyebabkan alergi apapun. Bahkan hal itu menjadi bahan yang sangat aktif untuk mengobati penyakit hati atau lever.

5. Kekurangan darah

Dapat disimpulkan bahwa kajian kedokteran modern telah menetapkan bahwa serbuk sari memiliki keistimewaan terapi yang sudah terbukti dapat mengobati kekurangan darah. Ia dapat menambah kandungan hemoglobin dan jumlah sel darah merah.

Dan masih banyak lagi khasiat dari pollen untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

 

 

 

Leave a Comment