5 Manfaat yang Jarang Diketahui dari Rutin Melakukan Flossing

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menggunakan dental floss atau benang gigi untuk melengkapi langkah membersihkan gigi belum dilakukan oleh banyak orang. Masyarakat Indonesia masih cenderung hanya menggunakan sikat gigi dan obat kumur antiseptik.

Padahal, flossing atau menggunakan benang gigi juga tak kalah penting dalam menjaga kebersihan gigi. Flossing dapat menjangkau sudut dan celah di antara gigi sehingga dapat membersihkan sisa makanan yang tidak dapat digapai dengan sikat gigi.

Manfaat melakukan flossing

Merawat Kesehatan mulut

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling kotor. Di dalamnya, terdapat jutaan bakteri dan kuman sebersih apapun kamu merawatnya, apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Bakteri tersebut pula yang menjadi penyebab gigi berlubang, radang gusi, dan keropos tulang atau gigi, serta sederet masalah lain. 

Flossing yang dilakukan dengan benar, akan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri dari area yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Efektif menghilangkan plak

Sisa makanan yang masih tertinggal di gigi dapat menimbulkan bakteri di dalam mulut dan akhirnya menyebabkan berbagai penyakit gigi dan mulut. Selain itu, sisa makanan yang menumpuk dan mengeras menjadi plak dan akhirnya menjadi tartar. Dengan rutin melakukan flossing, kamu dapat membersihkan plak secara maksimal.

Aroma napas lebih segar

Bakteri yang muncul akibat sisa makanan yang tertinggal juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Flossing setiap hari dapat menghilangkan bau tak sedap tersebut dan tentunya menghilangkan sisa makanan yang tak enak dipandang.

Mengurangi resiko diabetes

Lagi, bakteri yang terdapat di mulut dapat berkembang biak dengan cepat bila tidak dibersihakan. Bakteri ini akan mempengaruhi kadar gula dan membawa masalah bagi penderita diabetes. Untuk itu, rutinkan melakukan flossing minimal sehari sekali untuk mencegah hal tersebut.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Menurut sebuah penelitian di Inggris, mereka yang memiliki masalah gusi rentan terhadap penyakit jantung koroner. Penelitian tersebut menemukan adanya bakteri gigi pada jantung. Masalah gusi ini membuka celah pada bakteri untuk masuk ke aliran darah dan akhirnya menyebabkan inflamasi di area katup jantung.

Namun resiko tersebut dapat dicegah dengan rutin melakukan flossing setidaknya selama 30 detik hingga 2 menit setiap hari.

Cara melakukan flossing

1. Ambil dental floss atau benang gigi sepanjang sekitar 45 cm, lilitkan ujung benang di kedua jari tengah kanan kanan dan kiri.

2. Pegang erat benang dengan dibantu ibu jari dan jari telunjuk.

3. Arahkan benang ke salah satu gigi lalu gesekkan benang secaa perlahan dengan membentuk huruf C.

4. Lakukan pada beberapa sela-sela gigi selama 30 detik sampai 2 menit hingga sisa-sama makanan dan plak hilang.

5. Berkumur dengan air atau obat kumur antisepktik.

Merawat mulut sama pentingnya dengan merawat bagian tubuh lain. Untuk itu, selalu perhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi, ya!

Leave a Comment