5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Virus corona atau COVID-19 terus memakan korban. Di Indonesia sendiri hingga hari ini, Kamis (14/4) jumlah pasien positif virus corona mencapai 5.839 kasus dengan angka kematian 459 kasus dan pasien sembuh 428 orang.

Virus corona ini sangat erat kaitannya dengan kekebalan tubuh. Karena virus ini sendiri berlum ditemukan vaksinnya, maka kesembuhan pasien terpapar sangat bergantung pada kekebalan tubuhnya. Hal yang sama juga berlaku pada orang yang beresiko terjangkit virus corona. Bila ia memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka kemungkinan terjangkit akan kecil.

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki kekebalan atau sistem imun sendiri untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun, kekebalan tubuh dapat dapat menurun terutama apabila kita memiliki pola hidup yang tak sehat.

Untuk itu, di saat terjadi pandemik seperti ini, penting untuk selalu menjaga kekebalan tubuh. Berikut ini Muslimahdaily rangkumkan 9 hal yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Yuk simak!

1. Tidur yang cukup

Faktanya, kualitas tidur yang buruk akan membuat seseorang jadi rentan terhadap penyakit. Dengan istrirahat yang cukup akan memperoleh kekebalan tubuh yang baik. Saat sakit, sebaiknya seseorang tidur lebih lama agar sistem imun dapat bekerja dengan baik melawan penyakit tersebut.

Biasanya, orang dewasa membutuhkan durasi tidur setidaknya 7 jam. Sementara untuk remaja membutuhkan tidur 8-10 jam, dan anak kecil hingga bayi dapat tidur selama 14 jam. Agar kualitas tidur juga baik, sebaiknya kurangi penggunaan gadget dan matikan lampu sebelum tidur.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang kaya akan nutrisi dan antioksidan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Serat yang terkandung dalam makanan tersebut akan memberikan efek baik pada mikroba di usus. Mikroba tersebutlah yang bertugas mencegah patogen berbahaya masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan.

Selain itu, sebisa mungkin mengonsumi lemak baik seperti minyak zaitun dan salmon. Anti-inflamasi dan omega 3 yang terkandung di dalamnya mampu membantu melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Tak hanya itu, makanan fermentasi seperti yogurt, acar kubis, kimchi, kefir, dan natto sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan tersebut kaya akan bakteri baik yang disebut probiotik yang mampu membedakan sel-sel normal dan organisme berbahaya di dalam usus.

3. Mengurangi asupan gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat berdampak pada penyakit obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung. Penyakit tersebut akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, lebih bijaklah dalam mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

4. Rutin berolahraga

Olahraga yang ringan sekalipun dapat membantu tubuh dalam meningkatkan dan meregenerasi sel-sel kekebalan tubuh. Pastikan juga melakukannya secara rutin. Sebuah studi mengungkapkan bahwa latihan dan olahraga selama satu sesi mampu meningkatkan efektivitas vaksin pada orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh.

5. Managemen stres yang baik

Mengurangi bahkan menghilangkan stres dan kecemasan merupakan kunci dari kekebalan tubuh. Stres jangka panjang dapat meningkatkan inflamasi sehingga berdampak pada ketidakseimbangan sel kekebalan.

Untuk mengurangi stres dan cemas, kamu dapat melakukan meditasi, olahraga, yoga, menulis jurnal, dan kegiatan mindfulness yang lain. Jika merasa stres dan cemas tidak dapat ditangani sendiri, sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog atau ahli.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu juga harus mengikuti angkah-langkah pencegahan COVID-19 dengan cara mencuci tangan secara rutin dan meminimalisir berpergian ke luar rumah, serta menghindari kerumunan.

Leave a Comment