Rahasia Pengobatan Dengan Kurma Ala Rasulullah

kurma kurma

Muslimahdaily - Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah menempatkan kurma pada posisi yang spesial sebagai makanan orang beriman di bulan Ramadhan. Allah juga berulang kali menyebut kurma dalam Al-Quran dan menjadikannya makanan penduduk surga.

Kurma dianggap sebagai buah yang mengandung banyak gizi. Mengandung lebih dari 2/3 unsur gula alami. Bahkan orang-orang Mesir kuno telah menjadikan kurma sebagai lambang kesuburan.

Saat ini, kurma lebih banyak dihasilkan di Jazirah Arab, Iran, Mesir, Irak, Spanyol, Italia, dan Amerika Serikat dan juga memiliki 600 macam.
Berikut beberapa manfaat kurma untuk pengobatan bagi manusia segala usia.

Manfaat kurma bagi janin

Kurma membantu urat-urat rahim seorang ibu menjadi lebih aktif dan bergerak secara teratur, hal ini akan membantu calon ibu untuk kelancaran proses melahirkan. Hal ini disebabkan oleh kandungan alami gula dalam kurma yang dibutuhkan oleh otot rahim baik saat persalinan maupun saat datang bulan. Kandungan dalam kurma juga dipercaya dapat membersihkan kolon dan usus pada ibu hamil.

Obat manjur untuk sembelit

Kurma mampu mengobati semua penyakit perut dan membantu usus mengalirkan semua yang masuk ke tubuh serta membiarkan bakteri bermanfaat untuk usus. Oleh karena itu, kurma dapat dengan baik mengobati sembelit, mengurangi penyumbatan dalam usus dan
mengefektifkan kerja usus dengan kandungan seratnya.

Obat untuk obesitas

Kandungan kurma yang banyak menjadikannya makanan yang mengenyangkan. Ketika kita telah mengetahui bahwa penyebab utama kegemukan adalah perasan selalu lapar dan keinginan untuk terus menerus makan, sehingga jumlah lemak dan gula meningkat.

Kurma ini bisa dimakan saat kamu merasa lapar, sehingga tubuh merasa kenyang. Kurma akan memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh, mengatur pergerakan usus, dan kemudian mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

Rasulullah bersabda, "Tidak ada kelaparan bagi keluarga yang memiliki kurma," (HR. Muslim)

Obat hati dan radang

Kurma dapat mengobati sekaligus membersihkan hati dari racun. Ketika seseorang yang berpuasa berbuka dengan kurma, maka sangat tepat jika kurma dijadikan obat alami yang mampu menjaga dan membersihkan hati dari racun yang terakumulasi. Begitupun ketika kurma diminum, ia dapat menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan demam.

Obat penawar racun

Kurma yang direndam kemudian airnya diminum dapat menawarkan racun di limpa. Rasulullah telah memberi isyarat kurma sebagai penawar racun dalam sebuah hadist. "Siapa yang sarapan pagi dengan tujuh buah kurma Ajwa, maka pada hari tersebut orang itu tidak akan terkena racun dan juga sihir," (HR. Abu Dawud).

Dalam hadist tersebut terdapat keagungan yang dahsyat, tetapi dengan syarat kita harus menelaah petunjuk medisnya terlebih dahulu:

1. Rasulullah membatasi jumlah kurma sebanyak tujuh buah. Jumlah tersebut merupakan bilangan yang sering muncul dalam hadis dan juga Al-Quran. Cukuplah bagi kita untuk mengetahui bahwa angka pertama yang disebutkan Al-Quran adalah angka tujuh.

2. Tujuh butir kurma sebanding dengan 70 gr unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh (vitamin dan mineral). Jumlah ini sesuai dengan tubuh manusia dan juga mengandung mineral, garam, vitamin yang mudah diserap oleh tubuh.

3. Jumlah ini akan membantu tubuh melepaskan diri dari racun yang tersimpan dalam sisa makanan, sebagai kandungan mineral berat seperti timah. Racun-racun tersebut pada zaman sekarang semakin banyak karena pencemaran yang sangat besar pada air, udara, dan makanan yang kita konsumsi.

4. Hadist itu memberi istilah sum yang merujuk pada racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kurma, bahaya dari material ini akan dapat dikurangi.

5. Adapun kata sihr kita serahkan kepada Allah Yang Maha Mengetahui dengan maksud kata tersebut.

6. Tentu saja hadist tersebut tidak bermakna jika kita mengkonsumsi tujuh butir kurma, lalu racun itu langsung tidak bereaksi. Kita harus memahami bahwa kurma akan mempengaruhi racun di tubuh dan mengurangi efeknya.

Hadis tersebut juga harus dipahami bahwa dengan mengkonsumsi kurma setiap hari secara teratur, akan memberi ketenangan dan ketentraman dalam jiwa. Allah lah Yang Maha Mengetahui segala.

Sumber: Ensiklopedia Mukjizat Al-Quran dan Hadist "Kemukjizatan Tumbuhan dan Buah-buahan" - Hisham Thalbah (et.al).

Last modified on Kamis, 16 April 2020 17:15

Leave a Comment