Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Muslimahdaily - Ketombe adalah sel kulit mati yang rontok, bentuknya bersisik dan sering menimbulkan gatal. Keadaan seperti ini pastinya sangat menggangu bahkan memperburuk penampilan. Ketombe dapat menyerang siapa saja, bukan hanya rambut kotor yang jarang dicuci, tapi beberapa faktor lain dapat menyebabkan ketombe, seperti pemakaian produk yang tidak cocok, penataan rambut yang salah, sampai cara perawatan rambut yang tidak tepat.

Sudah mencoba berbagai shampoo, namun ketombe tetap membandel ? kamu bisa mencoba cara alternatif menghilangkan ketombe dengan bahan – bahan alami yang sudah teruji keampuhannya, berikut ini.

1. Jeruk Nipis

Belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian kecil, peras dan jadikan airnya sebagai shampoo, setelah rambut basah dengan perasan air jeruk nipis, biarkan selama (kurang lebih) setengah jam, bilas dengan air atau shampoo. Cara ini bisa kamu lakukan di rumah, lakukan secara rutin untuk hasil yang sempurna ya.

2. Cuka Putih

Cuka putih (Apple Cider Vinegar) ternyata juga bisa menghilangkan ketombe lho. Manfaatnya sebagai fungisida akan membunuh jamur penyebab ketombe. Caranya, campur setengah cangkir cuka putih dengan setengah cangkir air hangat, balurkan ke kulit kepala secara merata dan biarkan selama 8 jam, setelah itu bilas dengan air atau shampoo.

3. Soda Kue

Campurkan satu sendok soda kue dengan satu cangkir air dan gunakan layaknya kamu memakai shampoo, setelah beberapa menit bilas dengan air atau dengan shampoo. Soda kue mempengaruhi produksi kelenjar minyak yang juga salah satu menyebab ketombe. Gunakan secara rutin untuk hasil sempurna.

4. Garam

Sama halnya dengan cuka putih, garam akan membantu menetralisir atau mengurangi jamur yang menjadi penyebab ketombe. Caranya, campurkan garam ke dalam shampoo secukupnya, balurkan ke kulit kepala beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

5. Lidah Buaya

Sudah nggak asing lagi, lidah buaya digunakan untuk perawatan rambut. Nggak cuma bisa mengatasi rambut rontoh dan kesuburan rambut, lidah buaya juga bisa menghilangkan ketombe lho. Ambil bagian dari lidah buaya, balurkan bagian lender lidah buaya ke kulit kepala yang berketombe sambil dipijat, setelah beberapa menit, basuh dengan air.

6. Aspirin

Walau terdengar aneh, tapi obat sakit kepala ini juga bisa menghilangkan ketombe. Caranya, haluskan 2 tablet apirin putih dan campur dengan shampoo, gunakan layaknya shampoo, setelah beberapa menit, basuh dengan air.

Itu dia beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe, selamat mencoba...!

Leave a Comment